Balita Nengsi, (NIM. 2051711017) (2022) Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian madu kelulut di Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur (studi kasus: kelompok tani Raje Teran Belitong). skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (990kB) |
Abstract
Madu kelulut merupakan hasil madu dari lebah Trigona sp. Lebah Trigona sp aman dibudidayakan di sekitaran rumah karena tidak memiliki sengat (Stingless bee). Salah satu daerah yang mulai memiliki sentra budidaya madu kelulut yaitu Belitung Timur. Setiap konsumen memiliki pola perilaku konsumsi yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, sebagai produsen supaya dapat menjual produk yang dipasarkan sampai ke pembeli perlu melakukan pendekatan terhadap konsumen dan perilakunya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bauran pemasaran madu kelulut di Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur, menganalisis proses pengambilan keputusan pembelian madu kelulut oleh konsumen di Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur, dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian madu kelulut di Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur. Penelitian dilakukan di Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur pada bulan Oktober 2021 hingga Juni 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Sementara itu, metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Metode analisis data untuk menganalisis bauran pemasaran madu kelulut menggunakan deskriptif kualitatif. Pengambilan keputusan pembelian madu kelulut oleh konsumen dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif, dimana skala pengukuran data menggunakan skala likert. Faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian madu kelulut oleh konsumen menggunakan path analysis. Hasil penelitian menunjukan bahwa bauran pemasaran di Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur dari segi produk telah memiliki berbagai ukuran, harga yang bervariasi sesuai dengan daya beli konsumen, akses lokasi yang mudah dijangkau dan produk yang selalu tersedia serta promosi yang dilakukan dengan media sosial sehingga lebih cepat penyebarannya. Proses pengambilan keputusan pembelian madu kelulut melalui lima tahapan yaitu, pada tahap pengenalan kebutuhan konsumen membeli karena pola hidup sehat dan rasa madu yang khas. Pencarian informasi diperoleh dari pengalaman pribadi dan teman. Pada tahap evaluasi alternatif konsumen mempertimbangkan karena manfaat yang diperoleh dari madu kelulut. Pada tindakan pembelian konsumen membeli produk sebanyak 1-2 botol berukuran 250 ml dengan frekuensi pembelian sebanyak 2 sampai 3 kali perbulan, dan pada tahap pengkonsumsian produk konsumen merasa puas serta akan membeli produk kembali. Faktor bauran pemasaran yang memberikan kontribusi langsung terbesar terhadap keputusan pembelian yaitu produk dengan kontribusi sebesar 32,4 persen.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bauran Pemasaran; Keputusan Pembelian; Konsumen; Madu Kelulut |
Subjects: | H Ilmu Sosial > HB Teori Ekonomi |
Divisions: | SKRIPSI > Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi > Agribisnis |
Depositing User: | Mrs Suci Rhomana Sari |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 03:44 |
Last Modified: | 09 Aug 2022 03:44 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/6196 |
Actions (login required)
View Item |