Pengaruh literasi keuangan dan opportunity cost terhadap perilaku konsumtif masyarakat dari penggunaan fitur shopee paylater dari penggunaan fitur shopee paylater selama masa pandemi covid-19

Pratiwi Khairunnisa, (NIM. 3011811102) (2022) Pengaruh literasi keuangan dan opportunity cost terhadap perilaku konsumtif masyarakat dari penggunaan fitur shopee paylater dari penggunaan fitur shopee paylater selama masa pandemi covid-19. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan dan opportunity cost terhadap perilaku konsumtif masyarakat dari penggunaan fitur shopee paylater selama masa pandemi Covid-19. Populasi yang digunakan adalah masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang pernah menggunakan fitur Shopee Paylater selama masa pandemi Covid-19. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 385 orang.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel teknik accidental sampling dan purposive sampling. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda yang diuji menggunakan uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik serta uji hipotesis menggunakan aplikasi software SPSS versi 24.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan dan opportunity cost berpengaruh terhadap perilaku konsumtif masyarakat dari penggunaan fitur Shopee Paylater selama masa pandemi Covid-19. Saat literasi keuangan dan opportunity cost diterapkan dalam pengambilan keputusan keuangan akan menghasilkan pengelolaan keuangan yang baik. Pengelolaan keuangan yang baik merupakan indikasi bahwa individu tersebut terhindar dari perilaku konsumtif.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi keuangan; Opportunity cost; Perilaku konsumtif; Shopee paylater; Covid-19.
Subjects: H Ilmu Sosial > HF Perdagangan > HF5601 Accounting
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Mrs Nia Erawati
Date Deposited: 03 Aug 2022 07:37
Last Modified: 03 Aug 2022 07:37
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/6151

Actions (login required)

View Item View Item