Perencanaan ulang pondasi masjid asrama haji transit Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Ihsan Abadi, (NIM.1041611026) (2022) Perencanaan ulang pondasi masjid asrama haji transit Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pondasi adalah bagian terendah dari bangunan yang meneruskan beban bangunan ke tanah atau batuan yang ada di bawahnya. Terdapat dua klasifikasi pondasi, yaitu pondasi dangkal dan pondasi dalam. Jenis pondasi dangkal adalah pondasi tapak dan cerocok. Jenis pondasi dalam adalah pondasi tiang helical dan pondasi tiang pancang. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efisiensi antara pondasi tapak, cerocok, dan pondasi helical dengan pondasi tiang pancang berdasarkan nilai daya dukung dan biaya konstruksi. Analisis daya dukung pondasi tapak berdasarkan data sondir menggunakan metode Schmertmann (1978) dan metode Prandtl (1920). Analisis daya dukung pondasi cerocok berdasarkan data sondir menggunakan metode Price & Wardle (1982) dan metode deRuiter & Beringen. Daya dukung tiang kelompok menggunakan faktor efisiensi tiang. Analisis daya dukung pondasi helical berdasarkan data sondir menggunakan metode Individual Bearing dan metode Cylindrical Shear. Nilai daya dukung gabungan antara pondasi tapak, cerocok, pondasi helical sebesar 16849,571 ton dan pondasi tiang pancang sebesar 2660,908 ton. Angka keamanan gabungan pondasi tapak, cerocok, dan pondasi helical sebesar 12,405 dan pondasi tiang pancang sebesar 2,623. Biaya konstruksi pondasi tiang pancang lebih ekonomis dari pada gabungan pondasi tapak, cerocok dan pondasi helical, biaya konstruksi pondasi tiang pancang Rp37.423.039,76 dan gabungan pondasi tapak, cerocok dan pondasi helical Rp255.266.364,38. Dapat disimpulkan bahwa pondasi tiang pancang lebih efisien dari gabungan pondasi tapak, cerocok dan pondasi helical.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pondasi; Daya Dukung; Angka Keamanan; Biaya Konstruksi
Subjects: T Teknologi > TA Teknik (Umum). Teknik Sipil (Umum)
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Users 4961 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:31
Last Modified: 21 Jul 2022 01:31
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/6120

Actions (login required)

View Item View Item