Rancang bangun engine stand sepeda motor

Agustiar Atmajaya, (NIM. 1011611009) (2022) Rancang bangun engine stand sepeda motor. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dengan semakin meningkatnya kecanggihan alat-alat yang digunakan, maka secara otomatis dapat meningkatkan efisiensi , keamanan dan kenyamanan serta kemudahan operasional dari berbagai macam alat-alat otomotif. Engine stand merupakan salah satu workshop equipment yang digunakan sebagai support untuk mesin pada saat proses perbaikan. Pembuatan engine stand menggunakan mesin sepeda motor jupiter z1, suprafit, dan mio m3 dikerjakan di Laboratorium Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung, bertujuan untuk membuat alat praktik guna memudahkan belajar cara perawatan dan perbaikan mesin sepeda motor dalam proses praktikum. Proses pembuatan engine stand menggunakan sistematika yang diawali dengan pengumpulan data, pembuatan desain, perhitungan statis, pembuatan dan perakitan alat dengan lebar 500x500 mm dan tinggi 812,48 mm. Perancangan rangka yang sesuai dengan dimensi panjang dan lebar setiap mesin motor yang akan diuji. Pemilihan bahan untuk pembuatan rangka pada engine stand tersebut menggunakan beberapa profil yang sudah dipertimbangkan mampu atau layak untuk menopang mesin dan beban itu sendiri.Secara keseluruhan dari ketiga mesin yang diuji dengan posisi tekukan 350, 900 dan 1350 dikatakan seimbang. Hal ini dikarenakan sampel yang diuji tidak melebihi bidang tumpuan dan engine stand tidak terguling. Keseimbangan yang terbaik terdapat pada mesin Mio M3, dikarenakan memiliki beban yang tertinggi yaitu 31kg dan pada posisi tekukan 350. Titik koordniat center of mass pengujian engine stand dengan aplikasi solidworks 2019 pada mesin Mio M3 yaitu berada pada ; sumbu X = 211,39 mm, sumbu Y = 261,18 mm dan sumbu Z = 250 mm

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Engine Stand, Center Of Mass, Solidworks, Workshop Equipment.
Subjects: T Teknologi > TJ Teknik Mesin dan Permesinan
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Mr Jan Frist Pagendo Purba
Date Deposited: 09 Aug 2022 06:43
Last Modified: 09 Aug 2022 06:43
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/6081

Actions (login required)

View Item View Item