Strategi pemasaran politik pasangan calon Didit Srigusjaya dan Korari Suwondo dalam pilkada Bangka Tengah tahun 2020

Lara Pebrianti, (NIM. 5021711024) (2022) Strategi pemasaran politik pasangan calon Didit Srigusjaya dan Korari Suwondo dalam pilkada Bangka Tengah tahun 2020. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (966kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk-bentuk strategi pemasaran politik serta tantangan yang dihadapi oleh calon Bupati dan Wakil Bupati (Didit Srigusjaya dan Korari Suwondo) dalam memenangkan kontestasi Pilkada di Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2020. Sebagai paslon yang dianggap kuat namun ternyata kalah, ternyata dalam sejarah kepemiluan yang terjadi di Bangka Belitung kandidat yang diusung dari partai yang sama tidak pernah berhasil memenangkan kontestasi pemilu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori political marketing (pemasaran politik) oleh Denny JA. 8P dalam proses pemasaran politik model Denny JA dalam penelitian ini yaitu, Pro-Innovation, Public opinion, Polling, Profilling (voter segmentation), Positioning, Product, Pull marketing, dan Push marketing. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang sumber data primer didapatkan dari hasil wawancara tidak terstruktur dengan jumlah 9 informan. Analisis data memiliki tiga tahapan yaitu, reduksi data, display data (penyajian data), dan verification (penarikan kesimpulan).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan strategi pemasaran politik yang dilakukan oleh paslon Didit Srigusjaya dan Korari Suwondo dengan analisis menggunakan teori Denny JA, dari 8P strategi kampanye dilakukan oleh Paslon Berdikari masih terdapat banyak celah-celah, hal tersebut menjadi faktor kekalahan paslon Berdikari dalam kontestasi Pilkada di Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2020. Selain itu tantangan strategi pemasaran politik yang dihadapi paslon Didit-Korari yaitu Pandemi Covid-19, Money Politic, dan pergantian calon bupati dari paslon Beriman.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pasangan calon; strategi; pemasaran politik
Subjects: J Ilmu Politik > JA Political science (General)
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Users 4892 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2022 01:27
Last Modified: 08 Jun 2022 01:27
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/6014

Actions (login required)

View Item View Item