Evaluasi kerusakan jalan lintas timur dengan metode bina marga (studi kasus: jalan lintas timur STA 10+000 - STA 11+000)

Iqbal Abriansyah, (NIM. 1041611028) (2022) Evaluasi kerusakan jalan lintas timur dengan metode bina marga (studi kasus: jalan lintas timur STA 10+000 - STA 11+000). skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)

Abstract

Jalan Lintas Timur berfungsi sebagai jalan alternatif untuk mengalihkan arus lalu lintas dari jalan utama Pangkalpinang-Sungailiat. Jalan Lintas Timur diprioritaskan untuk kendaraan industri atau kendaraan berat. Kerusakan jalan di Lintas Timur terjadi di STA 10+000 sampai dengan STA 11+000 yang berdampak terhadap kenyamanan berkendara. Oleh karena itu, perlu dilakukan kajian terhadap kerusakan jalan yang terjadi di Jalan Lintas Timur. Metode yang digunakan untuk mengevaluasi kerusakan jalan adalah Metode Bina Marga (TP3JK No. 018/T/BNKT/1990). Jalan ini dibagi menjadi 20 segmen dimana setiap segmen jalan panjangnya 50 meter. Identifikasi kerusakan jalan dilakukan per segmen jalan dengan menggunakan indikator yang terdiri dari: jenis kerusakan, tipe kerusakan, dan dimensi kerusakan. Hasil analisis menunjukkan bahwa jenis kerusakan yang terjadi pada Jalan Lintas Timur terdiri dari kerusakan alur (1,967%), lubang (0,015%), pelepasan butir (13,283%), retak halus (0,078%), retak kulit buaya (0,459%), retak pinggir (0,001%), retak slip (1,399%), sungkur (4,128%), dan tambalan (78,669%). Jumlah angka kerusakan Jalan Lintas Timur adalah 13,6 dengan nilai kondisi jalan yaitu 5. Nilai Urutan Prioritas (UP) yang diperoleh sebesar 10 dengan kategori kerusakan ringan. Oleh karena itu, penanganan yang diperlukan untuk mengatasi kerusakan Jalan Lintas Timur adalah program pemeliharaan rutin.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jalan lintas timur; kerusakan jalan; metode bina marga; kondisi jalan; urutan prioritas; program pemeliharaan
Subjects: T Teknologi > TA Teknik (Umum). Teknik Sipil (Umum)
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Users 4833 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2022 02:13
Last Modified: 25 Apr 2022 02:13
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/5899

Actions (login required)

View Item View Item