Semiotic analysis of roland barthes towards gucci

Luthfie Rizky Utama, (NIM.5031711043) (2021) Semiotic analysis of roland barthes towards gucci. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB)

Abstract

Pada era milenial masyarakat tidak lagi melihat fashion sebagai suatu komoditas yang bersifat primer melainkan untuk meningkatkan status sosial. Masyarakat tidak mementingkan lagi originalitas. Oleh karena itu, influencer berperan dalam pembentukan makna melalui media sosial yang dikonsumsi oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pertanda dalam branding Gucci yang merepresentasikan status sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif interpretatif dengan melakukan observasi dan dokumentasi terhadap branding Gucci. Dalam membedah penelitian ini digunakan teori semiotika Roland Barthes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 5 data yang mengaplikasikan denotasi, konotasi, dan mitos pada branding Gucci. Berdasarkan data yang ditemukan menunjukkan bahwa terjadinya pergeseran penandaan dalam branding Gucci yang berpengaruh kepada pemaknaan dari brand Gucci sehingga dapat meningkatkan status sosial seseorang. Oleh karena itu, terdapat relevansi antara branding Gucci dan status sosial. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi sebuah infomasi guna terhindar dari bias informasi di masyarakat.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Semiotik; Influencer; Status Sosial; Gucci.
Subjects: P Bahasa dan Sastra > PR English literature
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Sastra Inggris
Depositing User: Mrs Suci Rhomana Sari
Date Deposited: 15 Jun 2022 08:55
Last Modified: 15 Jun 2022 08:55
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/5671

Actions (login required)

View Item View Item