Pengaruh variasi beban pengemudi sepeda listrik terhadap konsumsi baterai dan kecepatan motor listrik 350 W

Irwan, (NIM. 1011711028) (2021) Pengaruh variasi beban pengemudi sepeda listrik terhadap konsumsi baterai dan kecepatan motor listrik 350 W. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (999kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB)

Abstract

Dalam pembuatan sepeda listrik harus melewati beberapa tahap, sala satu tahap yang harus dilakukan yaitu tahap analisa efisiensi daya yang digunakan. Sepeda listrik akan menggunakan Brushless Direct Current (BLDC) 350 Watt dengan sumber daya baterai Li 36 Volt 7,5 Ah. Pada penelitian ini, akan dilakukan dengan variasi beban pengemudi 60 kg, 70 kg, dan 80 kg. Massa sepeda listrik 22 kg dan jarak yang di tempuh yaitu 1 km. Dari hasil pengujian sepeda listrik yang telah dilakukan pada beban pengemudi 60 kg didapatkan kecepatan 24,12 km/jam dengan daya yang dikeluarkan sebesar 15,92 Watt, efisiensi daya sebesar 95,15%, dan jarak maksimal yang dapat di tempuh yaitu 7,81 km. Pada beban pengemudi 70 kg didapatkan kecepatan 18,89 km/jam, dengan daya yang dikeluarkan sebesar 16,80 Watt dan efisiensi daya sebesar 94,17%, untuk jarak maksimal yang dapat di tempuh yaitu 7,44 km. dan di beban pengemudi 80 kg didapatkan kecepatan 11,48 km/jam dengan daya yang dikeluarkan sebesar 19,54 Watt dan efisiensi daya sebesar 93,71% dan jarak maksimal yang dapat di tempuh yaitu 6,39 km. Jadi dapat disimpulkan bahwa berat beban pengemudi dapat mempengaruhi kecepatan dan efisiensi daya, dan jarak tempuh Baterai. Semakin berat beban akan membutuhkan daya yang lebih besar dan jarak tempuhnya juga semakin pendek.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motor BLDC, Sepeda listrik, Konsumsi Baterai.
Subjects: T Teknologi > TJ Teknik Mesin dan Permesinan
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Mr Jan Frist Pagendo Purba
Date Deposited: 24 May 2022 06:47
Last Modified: 24 May 2022 06:47
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/5606

Actions (login required)

View Item View Item