Pengaruh kompetensi guru, motivasi belajar dan lingkungan fisik sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada pondok pesantren daarul iman Desa Kimak

Akhmad Farisi, (NIM. 3021611004) (2021) Pengaruh kompetensi guru, motivasi belajar dan lingkungan fisik sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada pondok pesantren daarul iman Desa Kimak. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang menunjukkan bahwa kompetensi guru, motivasi belajar, dan lingkungan fisik sekolah dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang pengaruh kompetensi guru, motivasi belajar dan lingkungan fisik sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada Pondok Pesantren Daarul Iman Desa Kimak.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel sebesar 124 responden, Metode pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh (Metode Sensus) yaitu teknik pengumpulan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan metode analisis data menggunkaan analisis regresi linear berganda, uji T, uji F, dan koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen X1 diperoleh thitung (2,331) > ttabel (1,979), variabel X2 diperoleh thitung (3,246) > ttabel (1,979) dan variabel X3 diperoleh thitung (6,837) > ttabel (1,979). Maka dapat disimpulkan bahwa variabel X1, X2, dan X3 berpengaruh secara parsial terhadap variabel Y. Hasil uji F menunjukkan bahwa Fhitung sebesar (110,155) > Ftabel (2,68) dengan signifikansi adalah 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti variabel independen secara bersamaan atau simultan mempengaruhi variabel dependen secara signifikan. Analisis koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa variabel independen mempengaruhi variabel dependen sebesar 73,4% dan sisanya sebesar 26,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru; Motivasi Belajar; Lingkungan Fisik Sekolah dan Prestasi Belajar Siswa
Subjects: H Ilmu Sosial > H Ilmu Sosial (Umum)
H Ilmu Sosial > HB Teori Ekonomi
H Ilmu Sosial > HC Sejarah dan Kondisi Ekonomi
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Mrs Suci Rhomana Sari
Date Deposited: 10 Jun 2022 04:08
Last Modified: 10 Jun 2022 04:08
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/5205

Actions (login required)

View Item View Item