Manajemen bisnis usaha budidaya ikan cupang di Kota Pangkalpinang

Akho, (NIM.2061611004) (2021) Manajemen bisnis usaha budidaya ikan cupang di Kota Pangkalpinang. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)

Abstract

Perikanan merupakan salah satu sektor yang memiliki peranan penting dalam peningkatan perekonomian masyarakat. Salah satu komoditi perikanan yang menjadi komoditas favorit yaitu ikan cupang (Betta sp.). Tujuan penelitian ini yaitu (1). Menganalisis manajemen produksi budidaya ikan cupang di Kota Pangkalpinang.(2). Menganalisis manajemen pemasaran budidaya ikan cupang di Kota Pangkalpinang.(3). Analisis usaha budidaya ikan cupang di Kota Pangkalpinang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survei dengan cara purposive sampling method. Hasil dari penelitian ini yaitu (1). Manajemen produksi budidaya ikan cupang di Kota Pangkalpinang meliputi pemeliharaan induk, pemijahan induk, pemeliharaan burayak, penyortiran, penangulangan hama dan penyakit ikan. (2). Proses pemasaran dilakukan menggunakan media online seperti facebook, Whats App dan instagram dan didistibusikan melalui 2 (dua) saluran pemasaran, saluran pemasaran pertama yaitu dari pembudidaya ke jasa pengiriman kilat, kemudian ke jasa transhipper alam negeri, selanjutnya kejasa transhipper luar negeri setelah itu ke konsumen atau pembeli, sedangkan saluran pemasaran kedua yakni dari pembudiaya ke balai karantina ikan, kemudian ke jasa pengiriman kilat, selanjutnya ke jasa transhipper dalam negeri, kemudiann ke transhipper dalam negeri dan setelah itu ke konsumen atau pembeli. (3). Biaya total yang dikeluarkan pembudidaya berkisar antaraRp3.000.000,00– Rp12.000.000,00, Penerimaan rata-rata sebesar Rp.10.104.770,pendapatan rata-rata sebesar Rp3.846.616,00. Nilai rata-rata BEP produksi sebesar 2,002, nilai rata-rata BEP harga sebesar Rp2.076,38 dan R/C Rasio sebesar 1,6 yang berarti usaha budidaya ikan cupang yang dijalankan efisien dan menguntungkan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ikan cupang; ekspor; pemasaran; analisis usaha
Subjects: S Pertanian > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi > Akuakultur
Depositing User: Mrs Suci Rhomana Sari
Date Deposited: 09 Jun 2022 05:35
Last Modified: 09 Jun 2022 05:35
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/4906

Actions (login required)

View Item View Item