Implikasi penerapan kurikulum 2013 terhadap pengembangan karakter pelajar sma di Kota Pangkalpinang

Viralia Sagita, (NIM. 5011511064) (2021) Implikasi penerapan kurikulum 2013 terhadap pengembangan karakter pelajar sma di Kota Pangkalpinang. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (943kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang implikasi penerapan kurikulum 2013 terhadap pengembangan karakter pelajar SMA di SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 3 Kota Pangkalpinang. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana implikasi penerapan kurikulum 2013 terhadap pengembagan karakter pelajar SMA di Kota Pangkalpinang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tindakan rasional dari Max Weber dan teori pembentukan kepribadian(Behaviorsme) dari John Broadus Watson. Tindakan sosial dibedakan menjadi empat tipe yaitu, teori tindakan rasional instrumental, tindakan rasional nilai, tindakan rasional afektif, dan tindakan rasional tradisional. Teori Behaviorisme menjelaskan empat unsur pembentukan perilaku: dorongan, rangsangan, respon, dan penguatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implikasi penerapan kurikulum 2013 terhadap pengembangan karakter pelajar SMA di Pangkalpinang terdpat dua sekolah yang menjadi lokus penelitian yaitu, SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 3 Pangkalpinang. Adapun berdasarkan temuan yang mana penerapan kurikulum 2013 tidak serta merta dapat mengubah perilaku siswa secara keseluruhan, namun faktanya kurikulum 2013 memang memberikan implikasi bagi perilaku siswa yang lebih mandiri, kreatif, dan aktif. Dalam tindakan sosial tersebut tersentuh pula persoalan-persoalan yang bersifat karakter yang juga mempengaruhi tindakan siswa dalam penerapan kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implikasi; kurikulum 2013; pelajar SMA; pengembangan karakter
Subjects: H Ilmu Sosial > HM Sosiologi
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Sosiologi
Depositing User: Darma -
Date Deposited: 07 Jun 2022 07:01
Last Modified: 07 Jun 2022 07:01
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/4892

Actions (login required)

View Item View Item