Masriyatun, (NIM. 3021611052) (2021) Analisis kualitas pelayanan Puskesmas Lubuk Besar dengan menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (538kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (824kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat harapan dan tingkat kinerja untuk mengetahui tingkat kesesuaian dan indikator yang menjadi prioritas utama untuk perbaikan serta kepuasan pasien agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan memuaskan pasien puskesmas Lubuk Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah pasien puskemas pada tahun 2019. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis yang digunakan adalah Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis metode IPA pada tingkat kesesuaian dari 5 dimensi kualitas pelayanan puskesmas Lubuk Besar memiliki nilai sebesar 73,74% pada kategori sesuai. Indikator-indikator yang terdapat pada kuadran A sebanyak 7 atribut dan 3 atribut yang mendekati garis ISO priority line yang harus menjadi prioritas utama untuk perbaikan karena mempunyai nilai harapan yang tinggi sementara nilai kinerjanya rendah. Hasil perhitungan metode CSI puskesmas lubuk Besar sebesar 70% artinya pasien sudah merasa puas, namun pihak puskesmas masih perlu melakukan perbaikan terhadap atribut-atribut yang memiliki nilai rendah agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan lebih memuaskan pasien.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan; Importance Performance Analysis (IPA); Customer Satisfaction Index (CSI) |
Subjects: | H Ilmu Sosial > HB Teori Ekonomi |
Divisions: | SKRIPSI > Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Mr Arja Kusuma |
Date Deposited: | 04 May 2021 04:44 |
Last Modified: | 04 May 2021 04:44 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/4587 |
Actions (login required)
View Item |