Pengaruh kualitas pelayanan pajak berbasis E-government, penerapan billing system, dan pengetahuan perpajakan wajib pajak terhadap motivasi membayar pajak WPOP dengan pemahaman internet sebagai variabel moderasi

Steven Nover Yanto, (NIM. 3011611092) (2021) Pengaruh kualitas pelayanan pajak berbasis E-government, penerapan billing system, dan pengetahuan perpajakan wajib pajak terhadap motivasi membayar pajak WPOP dengan pemahaman internet sebagai variabel moderasi. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan pajak berbasis e-government, penerapan billing system, dan pengetahuan perpajakan wajib pajak terhadap motivasi membayar pajak wajib pajak orang pribadi dengan pemahaman internet sebagai variabel moderasi. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada wajib pajak orang pribadi.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pangkalpinang. Teknik Sampel yang digunakan metode accidental sampling dan diperoleh sebanyak 397 sampel yang kemudian dibagi kedalam cluster 7 kecamatan yang ada di Pangkalpinang. Teknik analisis data menggunakan metode Statistik Deskriptif dengan menggunakan program SPSS versi 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pajak berbasis e-government, penerapan billing system, dan pengetahuan perpajakan berpengaruh positif terhadap motivasi membayar pajak. Analisis variabel moderasi dengan pendekatan uji nilai selisih mutlak menunjukkan bahwa pemahaman internet mampu memoderasi hipotesis kualitas pelayanan pajak berbasis e-government, penerapan billing system, dan pengetahuan perpajakan terhadap motivasi membayar pajak. Implikasi dari penelitian ini diharapkan agar masyarakat sebagai wajib pajak dapat memahami pentingnya membayar pajak dan mampu menjadi wajib pajak yang patuh agar dapat meningkatkan penerimaan pajak.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan pajak, E-Government, billing system, pengetahuan perpajakan, motivasi membayar pajak, pemahaman internet.
Subjects: H Ilmu Sosial > HG Keuangan
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Mrs Nia Erawati
Date Deposited: 27 Apr 2021 04:49
Last Modified: 27 Apr 2021 04:49
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/4426

Actions (login required)

View Item View Item