Adam Zuyyinal Adib, (NIM. 1011711017) (2021) Analisa kekuatan rangka mobil hemat energi Tarsius EV-2 menggunakan metode finite element analysis. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (854kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (721kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Pada mobil Tarsius EV-2, rangka merupakan komponen yang sangat penting karena rangka berfungsi untuk menerima semua beban yang terjadi pada mobil seperti pengemudi, mesin, roda dan lainnya. Dalam ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE), rangka sangat berpengaruh dalam efisiensi penggunaan energi. Oleh karena itu penelitian ini bermaksud untuk mengoptimalkan kekuatan dari rangka Tarsius EV-2, agar kekuatan dan massa dari rangka seimbang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai kekuatan dari rangka mobil hemat energi Tarsius EV-2, dan untuk mendapatkan rangka yang kuat apabila dibebani, akan tetapi ringan dan murah. Variabel dari penelitian ini adalah simulasi Finite Element Analysis (FEA) menggunakan beban benturan dan tanpa menggunakan beban benturan, beban benturan yang dimaksud adalah beban yang terjadi apabila mobil mengalami benturan pada rollbar mobil, dengan besar beban yang diterima yaitu 700 Newton sesuai regulasi KMHE. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental, yaitu nilai kekuatan rangka mobil Tarsius EV-2 didapatkan dengan metode Finite Element Analysis berbasis komputer dengan bantuan software Solidworks 2019, nilai kekuatan tersebut terdiri dari stress, displacement, dan safety factor. Hasil analisa menunjukkan nilai stress adalah sebesar 368,42 MPa, nilai displacement adalah 4,93 mm, dan dengan safety factor adalah 0,64., dan setelah dilakukan optimalisasi pada rangka, nilai kekuatan rangka berubah menjadi, stress sebesar 113,99 MPa, displacement sebesar 5,61 mm dan dengan safety factor 2,1.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KMHE, Finite Element Analysis, stress, displacement, safety factor |
Subjects: | T Teknologi > TJ Teknik Mesin dan Permesinan |
Divisions: | SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Jan Frist Pagendo Purba |
Date Deposited: | 06 May 2021 02:21 |
Last Modified: | 06 May 2021 02:21 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/4326 |
Actions (login required)
View Item |