Selvira Oktaviani, (NIM. 1031511047) (2021) Evaluasi geometri jalan tambang di PT Vitrama Properti Desa Air Mesu Kabupaten Bangka Tengah. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Restricted to Registered users only Download (16MB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (874kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (749kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (17MB) |
Abstract
PT Vitrama Properti merupakan perusahaan swasta yang bergerak dibidang pertambangan yang memanfaatkan sumber daya alam berupa batuan granit. Kondisi jalan tambang yang ada di PT Vitrama Properti dinilai buruk sehingga menyebabkan kurang produktifnya alat angkut dalam proses pengangkutan. Keadaan ini mengharuskan jalan tambang di PT Vitrama Properti dilakukan evaluasi sesuai standar AASHTO Manual Rural Highway Design (1990). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi geometri jalan tambang. Metode yang digunakan adalah metode terestris yakni metode pengambilan data langsung di lapangan menggunakan Total Station sehingga di dapatkan jenis data pengukuran koordinat X,Y dan Z sebanyak 725 data dengan jarak pengambilan data setiap 10 m dan kriteria lokasi pengambilan data di ambil di sisi kanan, sisi kiri dan juga sisi tengah jalan tambang di setiap segmen tanpa kriteria khusus. Data lain yang didapatkan dari penelitian ini berupa data lebar jalan lurus, lebar jalan di tikungan, beda tinggi dan jari-jari tikungan untuk kemudian diolah menggunakan aplikasi pemetaan agar terlihat kontur dan juga data topografi dari jalan tambang di PT Vitrama Properti serta untuk mengevaluasi jalan tambang yang ada di PT Vitrama Properti digunakan metode AASHTO (The American of State Highway Association and Transportation Officials dalam melakukan perhitungan agar jalan tambang dapat memenuhi standar untuk kemudian di buat rancangan desain. Data aktual lebar jalan paling kecil yang didapatkan sebesar 4,67 m pada segmen K-L, lebar jalan pada tikungan paling kecil sebesar 5,8 m pada titik L dan M, untuk nilai beda tinggi terkecil didapatkan sebesar 0,9 m pada segmen M-W sedangkan untuk jari-jari tikungan yang paling kecil terdapat pada titik T sebesar 7,695 meter. Paramater yang digunakan dalam evaluasi jalan tambang meliputi : lebar jalan angkut di jalan lurus, lebar jalan angkut di tikungan, kemiringan jalan, superelevasi, dan juga cross slope. Hasil evaluasi geometri jalan standar yang didapatkan sebagai berikut: lebar jalan angkut di jalan lurus satu jalur minimum 6,6 meter, lebar jalan angkut di jalan lurus dua jalur minimum 11,55 meter, lebar jalan angkut di tikungan minimum pada dua jalur 16,485 m, kemiringan jalan maksimum 10%, nilai superelevasi 4%, dan juga besar cross slope sebesar 33 cm.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | AASHTO, lebar jalan, kemiringan, superelevasi, cross slope |
Subjects: | T Teknologi > TN Teknik Pertambangan. Metalurgi |
Divisions: | SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan |
Depositing User: | Mr Jan Frist Pagendo Purba |
Date Deposited: | 06 May 2021 02:19 |
Last Modified: | 06 May 2021 02:19 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/4262 |
Actions (login required)
View Item |