Kasuma Wati, (NIM. 2051511018) (2020) Strategi pengembangan parfum gaharu oud al bangkawi dengan pendekatan business model canvas di Kecamatan Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (847kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (687kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (791kB) |
Abstract
Kayu gaharu merupakan salah satu tanaman kayu hasil hutan atau budidaya yang tumbuh subur di Kepulauan Bangka Belitung, khususnya di daerah Bangka Tengah dan memiliki potensi yang baik bagi ekonomi. Kayu gaharu dapat diolah menjadi berbagai macam produk. Home industry parfum gaharu Oud Al Bangkawi merupakan salah satu usaha yang mengelolah kayu gaharu menjadi produk parfum. Namun home industry parfum gaharu Oud Al Bangkawi memiliki kendala dalam kegiatan produksi dan pemasaran yang mengakibatkan home industry sulit berkembang. Oleh karena itu, home industry perlu menerapkan pendekatan business model canvas yang menjelaskan terperinci secara menyeluruh baik dalam produksi, pemasaran hingga nilai produk yang ditawarkan. Tujuan penelitian ini adalah mengindentifikasi model bisnis yang diterapkan saat ini dan merumuskan alternatif strategi yang tepat pada produk parfum gaharu Oud Al Bangkawi. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode studi kasus. Analisis data menggunakan diskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah produk parfum gaharu Oud Al Bangkawi telah menerapkan model bisnis dan memiliki nilai keunggulan produk yang dapat ditawarkan kepada konsumen akan tetapi perlu alternatif strategi yaitu memperluas segmen pelanggan, mempertahankan kualitas produk, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, meningkatkan jumlah produksi, melakukan kerjasama dengan instansi pemerintah untuk mempromosikan produk, melakukan kerjasama dengan mitra dagang (patner store), menambah jumlah reseller, menambah mitra pemasok, membuat tawaran menarik, memberikan reward atau bonus kepada pelanggan yang royal, evaluasi dalam setiap manajemen , dan mampu mengalokasi biaya dari kedua produk yaitu biaya produk parfum dan produk jual beli kayu gaharu.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Business model canvas, Kayu gaharu, Parfum gaharu. |
Subjects: | S Pertanian > S Pertanian (Umum) |
Divisions: | SKRIPSI > Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi > Agribisnis |
Depositing User: | Mrs Suci Rhomana Sari |
Date Deposited: | 04 May 2021 04:36 |
Last Modified: | 04 May 2021 04:36 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/4153 |
Actions (login required)
View Item |