Tinjauan Terhadap Proses Penyelesaian Klaim Asuransi Nelayan Mandiri (si Mantep) di PT. Asuransi Jasa Indonesia (Persero) Kantor Penjualan Pangkalpinang

Ridha Audia Sativa, (NIM. 3011611077) (2020) Tinjauan Terhadap Proses Penyelesaian Klaim Asuransi Nelayan Mandiri (si Mantep) di PT. Asuransi Jasa Indonesia (Persero) Kantor Penjualan Pangkalpinang. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN AWAL.pdf] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perhitungan klaim serta pelaksanaan proses penyelesaian klaim untuk produk Asuransi Nelayan Mandiri (si Mnatep) di PT. Asuransi Jasa Indonesia (Persero) Kantor Penjualan Pangkalpinang termasuk penyebab ditunda atau ditolaknya klaim asuransi ini dan juga hambatan – hambatan yang terjadi. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum proses penyelesaian klaim Asuransi Nelayan Mandiri (si Mantep) ada empat diantaranya pelaporan, pengajuan berkas, pemeriksaan berkas dan pembayaran klaim. Keempat proses klaim yang diterapkan oleh PT. Asuransi Jasa Indonesia (Persero) sudah baik dan mudah.
Penyelidikan klaim dilakukan apabila melanggar prinsip “utmost goodfaith” setelah dilakukan proses verifikasi dokumen ditemukan data yang tidak relevan. Penyebab klaim asuransi ditunda adalah karena dokumen yang kurang lengkap sehingga klaim ditunda sampai pada batas waktu yang telah diberikan sedangkan penyebab klaim ditolak adalah karena premi yang belum dibayar atau menunggak, melakukan kecurangan, status polis yang sudah tidak aktif, termasuk kedalam kategori risiko yang tidak dijamin serta pengajuan diluar masa perjanjian.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Asuransi Nelayan Mandiri, Perhitungan, Proses, Klaim
Subjects: H Ilmu Sosial > H Ilmu Sosial (Umum)
H Ilmu Sosial > HD Industri. Penggunaan Lahan. Tenaga Kerja > HD61 Manajemen Risiko
H Ilmu Sosial > HG Keuangan
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Mr Arja Kusuma
Date Deposited: 29 Apr 2021 01:27
Last Modified: 29 Apr 2021 01:27
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/3881

Actions (login required)

View Item View Item