Dini Iman Sari, (NIM. 5011311015) (2017) Peran institusi pendidikan dalam pembentukan kepribadian anak usia dini (studi pada PAUD Ababil School House di Kota Pangkalpinang). skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.
Preview |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Preview |
Text
PENUTUP.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN .pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Institusi pendidikan merupakan salah satu bentuk penyempurnaan pendidikan yang memiliki peran dalam pembentukan kepribadian pada anak usia dini. Keselarasan pengajaran yang diberikan di rumah dan di sekolah merupakan faktor utama terhadap pembentukan kepribadian pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah, pertama untuk mengidentifikasi peran institusi pendidikan dalam pembentukan kepribadian anak usia dini di PAUD Ababil School House Pangkalpinang. Kedua, untuk mengetahui pandangan orangtua murid terhadap PAUD Ababil School House Pangkalpinang sebagai institusi pendidikan dalam pembentukan kepribadian anak usia dini.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Pembentukan Kepribadian milik John Boardus Watson dan Teori Struktural Fungsional milik Robert King Merton. Jenis dan pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di PAUD Ababil School House Pangkalpinang dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi non - partisipatif, wawancara tak terstruktur dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, tenaga didik, staff TU, dan orangtua murid PAUD Ababil School House Pangkalpinang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa PAUD Ababil School House Pangkalpinang belum berperan dengan maksimal dalam pembentukan kepribadian anak usia dini. Setelah memberikan stimulus pada anak dan mendapatkan respon positif, diperlukan penguatan yang diberikan oleh orangtua di rumah agar terjadi pengulangan dari respon positif yang telah didapatkan. Kemampuan komunikasi anak, daya serap anak, kurangnya komunikasi dan kerjasama antara pihak sekolah dengan pihak orangtua mengakibatkan ketidakseimbangan pembelajaran yang diberikan pada anak sehingga hasil yang diinginkan tidak tercapai.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Institusi pendidikan, pembentukan kepribadian, PAUD |
Subjects: | L Pendidikan > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Pendidikan > LC Special aspects of education |
Divisions: | SKRIPSI > Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Sosiologi |
Depositing User: | Darma - |
Date Deposited: | 20 Feb 2018 07:39 |
Last Modified: | 20 Feb 2018 07:39 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/315 |
Actions (login required)
View Item |