Peran institusi pendidikan dalam pembentukan kepribadian anak usia dini (studi pada PAUD Ababil School House di Kota Pangkalpinang)

Dini Iman Sari, (NIM. 5011311015) (2017) Peran institusi pendidikan dalam pembentukan kepribadian anak usia dini (studi pada PAUD Ababil School House di Kota Pangkalpinang). skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of PENUTUP.pdf]
Preview
Text
PENUTUP.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN .pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN .pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Institusi pendidikan merupakan salah satu bentuk penyempurnaan pendidikan yang memiliki peran dalam pembentukan kepribadian pada anak usia dini. Keselarasan pengajaran yang diberikan di rumah dan di sekolah merupakan faktor utama terhadap pembentukan kepribadian pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah, pertama untuk mengidentifikasi peran institusi pendidikan dalam pembentukan kepribadian anak usia dini di PAUD Ababil School House Pangkalpinang. Kedua, untuk mengetahui pandangan orangtua murid terhadap PAUD Ababil School House Pangkalpinang sebagai institusi pendidikan dalam pembentukan kepribadian anak usia dini.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Pembentukan Kepribadian milik John Boardus Watson dan Teori Struktural Fungsional milik Robert King Merton. Jenis dan pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di PAUD Ababil School House Pangkalpinang dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi non - partisipatif, wawancara tak terstruktur dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, tenaga didik, staff TU, dan orangtua murid PAUD Ababil School House Pangkalpinang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa PAUD Ababil School House Pangkalpinang belum berperan dengan maksimal dalam pembentukan kepribadian anak usia dini. Setelah memberikan stimulus pada anak dan mendapatkan respon positif, diperlukan penguatan yang diberikan oleh orangtua di rumah agar terjadi pengulangan dari respon positif yang telah didapatkan. Kemampuan komunikasi anak, daya serap anak, kurangnya komunikasi dan kerjasama antara pihak sekolah dengan pihak orangtua mengakibatkan ketidakseimbangan pembelajaran yang diberikan pada anak sehingga hasil yang diinginkan tidak tercapai.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Institusi pendidikan, pembentukan kepribadian, PAUD
Subjects: L Pendidikan > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Pendidikan > LC Special aspects of education
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Sosiologi
Depositing User: Darma -
Date Deposited: 20 Feb 2018 07:39
Last Modified: 20 Feb 2018 07:39
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/315

Actions (login required)

View Item View Item