Analisis kinerja ruas jalan akibat sistem buka tutup (Bascule) pada Jembatan Emas Kota Pangkalpinang

Adhan Pladimir, (NIM. 1041311002) (2019) Analisis kinerja ruas jalan akibat sistem buka tutup (Bascule) pada Jembatan Emas Kota Pangkalpinang. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (990kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (944kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (955kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (928kB) | Preview

Abstract

Jembatan Emas merupakan rute pilihan transportasi penghubung antara Kota Pangkalpinang dengan Kabupaten Bangka yaitu penghubung ruas jalan lintas timur dengan ketapang. Selain bernilai eksotis dan artistik, jembatan ini juga berteknologi tinggi yang jarang dijumpai karena menggunakan teknologi bascule yaitu teknologi dengan system hidrolik buka tutup. Sistem buka tutup yang diterapkan pada jembatan menyebabkan berkurangnya nilai assesibilitas jalan akibat tingginya nilai tundaan pada saat jembatan tertutup, maka dari itu diperlukan kajian yang mendasar terhadap kinerja jembatan sebagai akses penghubung jalan dengan mengetahui seberapa besar pergerakan transportasi yang melalui arus jalan tersebut. Dalam penelitian ini dilakukan survei terhadap kapasitas jalan pada ruas jalan Jembatan Emas pada hari libur (minggu) dan hari kerja (Senin), yang selanjutnya dianalisis menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Hasil analisis kinerja ruas Jalan Jembatan Emas menunjukkan nilai derajat kejenuhan maksimum 0,432 sehingga dapat disimpulkan tingkat pelayanan ruas jalan Jembatan Emas tergolong Stabil (B). Dan hasil perhitungan waktu tundaan jembatan diperoleh hasil >60 sehingga dapat disimpulkan bahwa waktu tundaan tergolong buruk (F).

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Ruas Jalan, Waktu Tundaan, Tingkat pelayanan
Subjects: T Teknologi > T Teknologi (UMUM)
T Teknologi > TA Teknik (Umum). Teknik Sipil (Umum)
T Teknologi > TG Rekayasa Jembatan
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Users 15 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2020 08:04
Last Modified: 08 Apr 2020 08:04
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/2831

Actions (login required)

View Item View Item