Analisis volume dan biaya pengerukan kolam dermaga CPO (Crude Palm Oil) Ketapang Pelabuhan Pangkal Balam Kota Pangkalpinang

Devi Oktafiany, (NIM. 1041411019) (2019) Analisis volume dan biaya pengerukan kolam dermaga CPO (Crude Palm Oil) Ketapang Pelabuhan Pangkal Balam Kota Pangkalpinang. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Dermaga CPO (Crude Palm Oil) Ketapang merupakan dermaga multipurpose yang digunakan untuk crude, migas (premium dan pertamax), LPG, dan propylene. Kegiatan-kegiatan oprasional yang tinggi di Dermaga CPO Ketapang mengakibatkan banyaknya resiko yang berpengaruh pada pelayanannya seperti keterbatasan frekuensi kapal yang tidak dapat merapat atau berlabuh di dermaga karena sarat kapal yang akan berlabuh tidak cukup dengan kedalaman kolam dan alur karena adanya pendangkalan pada kolam dermaga. Berdasarkan permasalah tersebut diperlukan suatu penelitian guna mengantisipasi risiko yang terjadi, maka perlu dilakukan suatu kegiatan pengerukan sebagai salah satu upaya optimalisasi Kolam Dermaga CPO Ketapang. Analisis yang dilakukan pada pekerjaan pengerukan kolam dermaga ini menggunakan pedoman Teknis Pengerukan dan Reklamasi Tahun 2006 oleh Dirjen Perhubungan untuk mengetahui volume sedimen yang akan dikeruk serta melakukan analisis biaya yang dibutuhkan dalam pekerjaan pengerukan Kolam Dermaga CPO serta melakukan beberapa alternatif perhitungan biaya pengerukan menggunakan peraturan Kementrian PUPR tahun 2016. Hasil penelitian menunjukan desain kedalaman rencana berdasarkan nilai draft 6,6 m untuk kapal desain terbesar general cargo yaitu –7,5 mLWS. Volume pengerukan sedimen Kolam Dermaga CPO berdasarkan desain kedalaman, slope, penambahan silation rate dengan luas area 2270 m2 yaitu 7.713 m3 serta total biaya pengerukan sebesar Rp 520.253.407.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelabuhan Pangkal Balam, Kolam Dermaga, Pendangkalan dan Pengerukan
Subjects: T Teknologi > TA Teknik (Umum). Teknik Sipil (Umum)
T Teknologi > TD Teknologi Lingkungan. Teknik Sanitasi
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Users 149 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2019 01:29
Last Modified: 24 Jun 2019 01:29
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/2668

Actions (login required)

View Item View Item