Pertanggungjawaban pelaku usaha ojek online terhadap penumpang ditinjau dari Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen

Ari Aditia Pangestu, (NIM. 4011311011) (2018) Pertanggungjawaban pelaku usaha ojek online terhadap penumpang ditinjau dari Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HAL DEPAN.pdf]
Preview
Text
HAL DEPAN.pdf

Download (615kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)

Abstract

Fenomena transportasi jalan online merupakan fenomena perkembangan dunia transportasi dan komunikasi di seluruh dunia khususnya di Indonesia. Keberadaan ojek online di Indonesia belum memiliki payung hukum yang jelas, sehingga tidak dapat memberikan pertanggungjawaban hukum dan perlindungan terhadap konsumen yang menggunakannya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk pertanggungjawaban pelaku usaha ojek online terhadap penumpang ditinjau dari Undang-Undang Perlindungan Konsumen dan upaya hukum apa yang harus dilakukan oleh penumpang terhadap pelaku usaha ojek online. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif yang mengkaji pelaksanaan atau implementasi hukum yang dikonsepkan sebagai norma atau kaidah dalam masyarakat, dan menjadi acuan perilaku setiap orang. Hasil dari penelitian ini adalah pelaku usaha ojek online dapat dimintai pertanggungjawaban apabila terjadi kecelakaan berdasarkan Pasal 45 Ayat 1
Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Upaya penyelesaian sengketa konsumen yang melibatkan penumpang dengan pelaku usaha ojek online dapat dilakukan secara nonlitigasi dan litigasi berdasarkan Pasal 45 Ayat 2 Undang- Undang Perlindungan Konsumen.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pertanggungjawaban, Ojek Online, Pelaku Usaha
Subjects: K Hukum > K Law (General)
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Hukum > Hukum > Konsentrasi Keperdataan
Depositing User: Mr Arja Kusuma
Date Deposited: 11 Jun 2019 01:48
Last Modified: 11 Jun 2019 01:48
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/2459

Actions (login required)

View Item View Item