Dedy Irawan, (NIM. 4011311030) (2017) Perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna jasa angkutan umum taksi (studi kasus PT Blue Bird Tbk). skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.
Preview |
Text
Hal Depan.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Bab-1.pdf Download (383kB) | Preview |
Text
Bab-2.pdf Restricted to Registered users only Download (499kB) |
|
Text
Bab-3.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) |
|
Preview |
Text
Bab-4.pdf Download (214kB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (218kB) | Preview |
Preview |
Text
Lampiran.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Angkutan umum taksi merupakan suatu bentuk layanan transportasi kepada konsumen berkelas reguler dimana dalam hal ini menyangkut permasalahan mengenai kurangnya perlindungan hukum dan hak seorang konsumen yang tidak terpenuhi. Dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dapat diketahui bahwa terhadap perlindungan hukum perusahaan angkutan umum wajib membuat, melaksanakan, dan menyempurnakan sistem keamanan serta wajib memenuhi standar pelayanan minimal yang meliputi keamanan dan keselamatan. Sedangkan di dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen bahwa konsumen memiliki hak atas kenyamanan, keamanan dan keselamatan serta mendapatkan kompensasi dan ganti rugi apabila barang atau jasa tidak sesuai sebagaimana mestinya. Tujuan dari penelitian judul ini adalah untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna jasa angkutan umum taksi dan bagaimana bentuk tanggung jawaban pelaku usaha terhadap konsumen yang mengalami kerugian akibat kecelakaan lalu lintas. Metode yang di pakai dalam penulisan ini adalah yuridis empiris yakni mengkaji pelaksanaan atau implementasi hukum positip (perundangan-undangan) dan realitas perbuatan atau tindakan tertentu guna untuk memastikan hasil penerapan sesuai atau tidak dengan ketentuan perundangan-perundangan. Hasil penelitian dilapangan bahwa perlindungan hukum yang diterapkan belum optimal dan pelaksanaan bentuk tanggung jawaban hukum pelaku usaha terhadap konsumen belum berjalan dengan baik berdasarkan Undang-Undang yang berlaku
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan hukum, konsumen, Pengguna Jasa Angkutan Umum |
Subjects: | K Hukum > K Law (General) |
Divisions: | SKRIPSI > Fakultas Hukum > Hukum > Konsentrasi Keperdataan |
Depositing User: | Mr Jan Frist Pagendo Purba |
Date Deposited: | 09 Feb 2018 06:42 |
Last Modified: | 09 Feb 2018 06:42 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/186 |
Actions (login required)
View Item |