Nizwan Zukhri, SE., MM., - (2015) Brandingisasi Wisata(Model Pengembangan Pariwisata Berbasis Momentum Laskar Pelangi di Pulau Belitung). Project Report. Universitas Bangka Belitung, Bangka Belitung.
| ![laporan_akhir_NIZWAN_ZUKHRI_S_E___M_M_.pdf [thumbnail of laporan_akhir_NIZWAN_ZUKHRI_S_E___M_M_.pdf]](https://repository.ubb.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text laporan_akhir_NIZWAN_ZUKHRI_S_E___M_M_.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | 
Abstract
Boomingnya Laskar Pelangi telah menjadi tonggak awal kebangkitan pariwisata  di  Pulau  Belitung,    hal  ini  sejalan  dengan  kebijakan  Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang akan menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu lokomotif utama penggerak perekonomian seiring dengan memudarnya timah sebagai sumber utama pendapatan daerah.
Penelitian ini akan penting artinya bagi Negara beribu pulau seperti Indonesia yang   menempatkan   sektor   pariwisata   sebagai   salah   satu   sektor   andalan penerimaan negara. Penelitian ini bertujuan untuk merancang model pengembangan pariwisata berbasis momentum Laskar Pelangi di Pulau Belitung yang representative melalui kajian teoritis dan aplikatif. Tujuan puncak dari penelitian ini adalah merumuskan model pengembangan pariwisata berbasis momentum, yang mana model pengembangan pariwisata tersebut dapat dijadikan sebagai model percontohan dalam pengembangan pariwisata bagi daerah-daerah lain di Indonesia, tentunya dengan momentum dan potensi yang berbeda.
Penelitian  ini  melibatkan  berbagai  stakeholders  di  Provinsi  Kepulauan Bangka Belitung, terkhusus lagi di Pulau Belitung yang meliputi Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur. Sebagai sebuah model, penelitian ini tidak akan berhenti pada level konsep model, tetapi akan menawarkan penerapan model pengembangan pariwisata yang dirancang, dianalisis, dievaluasi secara berkala, dan dilakukan penyempurnaan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa telah terjadi perubahan kondisi social ekonomi yang signifikan di Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur, hal ini ditunjukkan dengan data yang ada berupa meningkatnya jumlah hotel dan jumlah kamar hotel, meningkatnya jumlah penerbangan yang terjadi di Bandara Hanandjoedin Tanjung Pandan, meningkatnya  pendapatan  perkapita,    jumlah  restoran,  rumah  makan,  usaha kuliner, dan lain-lain.
Model Pengembangan pariwisata yang dihasilkan, yaitu kombinasi dari dua alternatif  model  yang  ada  yaitu  model  badan  otorita  yang  dipadukan  dengan model forum kerjasama.
| Item Type: | Monograph (Project Report) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Brandingisasi, momentum laskarpelangi, Pengembangan pariwisata | 
| Subjects: | H Ilmu Sosial > HD Industri. Penggunaan Lahan. Tenaga Kerja > HD28 Manajemen. Manajemen Industri | 
| Divisions: | LAPORAN PENELITIAN DOSEN | 
| Depositing User: | Mr Arja Kusuma | 
| Date Deposited: | 28 Nov 2018 08:10 | 
| Last Modified: | 28 Nov 2018 08:10 | 
| URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/1729 | 
Actions (login required)
|  | View Item |