Analisis kinerja ruas jalan akibat pekerjaan peningkatan jalan (studi kasus : jalan Balunijuk Kabupaten Bangka)

Arman Saputra, (NIM. 1041011015) (2017) Analisis kinerja ruas jalan akibat pekerjaan peningkatan jalan (studi kasus : jalan Balunijuk Kabupaten Bangka). skripsi thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of PENDAHULUAN .pdf]
Preview
Text
PENDAHULUAN .pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (410kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

Perencanaan dan pembangunan sarana dan prasarana transportasi sangat mempengaruhi dan menentukan peningkatan pertumbuhan perekonomian dalam menunjang pencapaian sasaran pembangunan dan hasil-hasilnya, yang berdampak nyata pada perubahan yang konstruktif dalam masyarakat disemua aspek kehidupan. Untuk perencanaan jalan raya yang baik, bentuk geometri jalan harus ditetapkan sedemikian rupa sehingga jalan bersangkutan dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada lalu lintas sesuai dengan fungsinya.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja ruas Jalan Balunijuk sebelum peningkatan dan setelah peningkatan (kondisi eksisting)serta menganalisis ruas Jalan Balunijuk setelah peningkatan (kondisi eksisting)apakah sudah memenuhi standar geometrik ruas jalan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Hasil perhitungan analisa didapat dari pengolahan data yang diperoleh dari survei langsung dilapangan. Berdasarkan hasil analisis kinerja ruas Jalan Balunijuk sebelum pekerjaan peningkatan jalan, menunjukan nilai tingkat derajat kejenuhan sebesar 0,628 sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat pelayanan Jalan Balunijuk sebelum pekerjaan peningkatan jalan adalah tingkat pelayanan C, dengan kondisi arus lalu lintas masih batas stabil untuk menampung arus lalu lintas jalan. Sedangkan hasil analisis kinerja ruas Jalan Balunijuk setelah pekerjaan peningkatan jalan (kondisi eksisting), tingkat pelayanan jalan tidak dapat disimpulkan karena ruas Jalan Balunijuk setelah pekerjaan peningkatan jalan (kondisi eksisting) tidak memenuhi standar tipe jalan dan penampang melintang yang didefinisikan pada panduan perencanaanberdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Selanjutnya analisis geometrik ruas jalan setelah pekerjaan peningkatan jalan (kondisi eksisting), menunjukkan bahwa ruas Jalan Balunijuk setelah pekerjaan peningkatan jalan (kondisi eksisting) termasuk ke dalam kategori tipe jalan 4 lajur 2 arah terbagi (4/2 D) berpembatas median. Sehingga karakteristik geometrik ruas Jalan Balunijuk setelah pekerjaan peningkatan jalan (kondisi eksisting) yang diperoleh dari survei langsung ke lapanganberdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dapat dinyatakan tidak memenuhi standar tipe jalan dan penampang melintang yang didefinisikan pada panduan perencanaan

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kinerja ruas jalan, Geometrik ruas jalan
Subjects: T Teknologi > TA Teknik (Umum). Teknik Sipil (Umum)
T Teknologi > TC Teknik Hidrolik. Teknik Kelautan
Divisions: SKRIPSI > Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Users 14 not found.
Date Deposited: 16 Nov 2018 02:44
Last Modified: 16 Nov 2018 02:44
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/1614

Actions (login required)

View Item View Item