Ganti rugi akibat wanprestasi dalam perjanjian pengangkutan barang (studi kasus di PT JNE Cabang Pusat Pangkalpinang)

Dwi Okta Ardalina, (NIM. 4012111050) (2025) Ganti rugi akibat wanprestasi dalam perjanjian pengangkutan barang (studi kasus di PT JNE Cabang Pusat Pangkalpinang). Other thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Jual beli pada saat ini sering dilakukan secara online sehingga menyebabkan banyak pengiriman barang melalui jasa ekspedisi, pengiriman barang kadangkala tidak terjadi secara baik sehingga menyebabkan kerusakan pada barang seperti yang terjadi perusahaan Ekspedisi JNE Cabang Pusat Pangkalpinang sehingga hal tersebut menyebabkan kerugian bagi konsumen dari yang kecil sampai yang besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompensasi yang diberikan oleh pihak perusahaan jasa ekspedisi kepada konsumen yang mengalami kerugian akibat kerusakan barang. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis empiris dengan pendekatan kualitatif, yang mengkaji norma hukum serta fenomena yang terjadi dimasyarakat melalui wawancara dan studi kepustakaan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah bentuk ganti rugi yang diberikan oleh pihak PT JNE Cabang Pusat Pangkalpinang terhadap konsumen yang mengalami kerusakan barang serta tanggung jawab pelaku usaha atas penggunaan jasa ekspedisi JNE (jalur nugraha ekakurir) cabang pusat Pangkalpinang sebagaimana tercantum dalam Undang-Undangan Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, Undang-Undang ini telah memberikan kerangka hukum yang memadai dengan demikian implementasinya dalam perusahaan jasa ekpedisi JNE masih menjadi tantangan. Kurangnya pengawasan yang optimal, rendahnya kesadaran konsumen, serta kurangnya kesadaran pelaku usaha terhadp pentingnya keamanan serta kenyamanan dalam kegiatan usaha.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Ganti rugi; Konsumen; Ekspedisi
Subjects: K Hukum > K Law (General)
Divisions: FAKULTAS HUKUM > HUKUM > KEPERDATAAN > SKRIPSI
Depositing User: Darma -
Date Deposited: 17 Dec 2025 03:00
Last Modified: 17 Dec 2025 03:00
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/12915

Actions (login required)

View Item View Item