Aryansah, (NIM. 5011911003) (2025) Relevansi penerapan buku saku siswa sebagai media kontrol sosial siswa di sekolah (studi pada SMA Negeri 2 Sungaiselan, Kecamatan Sungaiselan, Kabupaten Bangka Tengah). Other thesis, Universitas Bangka Belitung.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Restricted to Registered users only Download (629kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (569kB) |
Abstract
Relevansi Penerapan Buku Saku Siswa sebagai Media Kontrol Sosial Siswa di Sekolah (Studi pada SMA Negeri 2 Sungaiselan, Kecamatan Sungaiselan, Kabupateng Bangka Tengah). Skripsi ini dibimbing oleh Dr. Fitri Ramdhani Harahap, S.Sos., M.Si dan Tiara Ramadhani, M.Kesos. Program Studi Sosiologi, Jurusan Sosial dan Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bangka Belitung.
Penelitian bertujuan untuk menganalisis relevansi penerapan buku saku siswa sebagai media kontrol sosial siswa di SMA Negeri 2 Sungaiselan saat ini. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan, guru BK, dan wali kelas. Teknik dalam menentukan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yang digunakan yaitu informan merupakan pihak yang menerapkan dan yang memeliki buku saku siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data yaitu teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku saku siswa ini masih sangat relevan dengan zaman sekarang untuk diterapkan. Kehadiran buku saku ini dapat meberikan kontrol sosial kepada siswa dan mampu menggantikan metode kontrol sosial siswa yang masih bersifat konvensional dengan mengedepankan 4 elemen kontrol sosial yang sebagaimana di jelaskan oleh Travis Hirschi dalam teorinya. Keempat elemen kontrol sosial yang dikuatkan dalam buku saku siswa ini antara lain, (1) kelekatan, (2) keterlibatan, (3) Komitmen pada aturan, dan (4) keyakinan. Dari keempat elemen kontrol sosial tersebut, buku saku sisiwa mampu memenuhi standart dari sebuah kontrol sosial, yakni (1) mampu membengun kelekatan atara siswa dengan guru serta sekolah, (2) mampu mendorong keterlibatan siswa dalam setiap agenda positif di sekolah, (3) mampu medorong siswa untuk berkomitmen untuk selalu taat pada aturan dan norma yang berlaku di sekolah, dan (4) mampu memberikan stimulus keyakinan kepada siswa terkait urgensi atau pentingnya sebuah aturan serta urgensinya kepatuhan terhadap aturan yang berlaku. Kesimpulan ini juga berangkat dari pandangan berbagai pihak yang terlibat dalam penelitian ini, baik itu Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan, Guru BK, Wali Kelas.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Relevansi; Kontrol sosial; Buku saku siswa |
| Subjects: | H Ilmu Sosial > H Ilmu Sosial (Umum) H Ilmu Sosial > HM Sosiologi L Pendidikan > LB Theory and practice of education L Pendidikan > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK > SOSIOLOGI > SKRIPSI |
| Depositing User: | Darma - |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 02:44 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 02:44 |
| URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/12884 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
