Wanprestasi yang dilakukan oleh pelaku usaha terhadap konsumen atas pembatalan dan penundaan sepihak (studi kasus festival musik di Bangka Belitung)

Risna Amelia, (NIM. 4012111017) (2025) Wanprestasi yang dilakukan oleh pelaku usaha terhadap konsumen atas pembatalan dan penundaan sepihak (studi kasus festival musik di Bangka Belitung). Other thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (984kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)

Abstract

Perlindungan Konsumen merupakan gambaran perlindungan hukum yang diberikan kepada konsumen dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhannya. Penelitian ini membahas isu hukum terkait perlindungan konsumen atas pembatalan dan penundaan sepihak dalam penyelenggaraan festival musik, yang sering menimbulkan kerugian bagi penonton sebagai konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Problematik Hukum Dalam Festival Musik yang mengalami pembatalan dan penundaan di Babel dan untuk mengetahui terkait Perlindungan Hak konsumen yang diberikan oleh promotor terhadap pembatalan sepihak dan penundaan festival musik. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis empiris dengan pendekatan perundang-undangan, kasus, dan konseptual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen memiliki hak atas ganti rugi sesuai ketentuan Pasal 4 dan Pasal 19 UUPK, namun praktik di lapangan sering kali tidak memberikan kompensasi yang memadai. Oleh karena itu, diperlukan kepastian hukum melalui perjanjian yang lebih transparan serta pengawasan pemerintah yang lebih ketat. Saran penelitian ini adalah agar promotor menyusun klausul kontrak yang adil dan konsisten dengan Undang-Undang Perlindungan Konsumen serta meningkatkan peran Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) dalam memberikan perlindungan efektif kepada konsumen.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Konsumen; Perlindungan; Festival musik
Subjects: K Hukum > K Law (General)
Divisions: FAKULTAS HUKUM > HUKUM > KEPERDATAAN > SKRIPSI
Depositing User: Darma -
Date Deposited: 17 Dec 2025 01:56
Last Modified: 17 Dec 2025 01:56
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/12859

Actions (login required)

View Item View Item