Praktik wanprestasi oleh konsumen dalam transaksi pre order dan upaya penyelesaiannya melalui negosiasi

Tri Ratna Dewi, (NIM. 4012111129) (2025) Praktik wanprestasi oleh konsumen dalam transaksi pre order dan upaya penyelesaiannya melalui negosiasi. Other thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perjanjian Merupakan Suatu Perbuatan Dengan Mana Satu Orang Atau Lebih Mengikatkan Dirinya Kepada Satu Orang Atau Lebih Lainnya, Sebagaimana Tercantum Dalam Pasal 1313 Kuhperdata. Hubungan Perjanjian Antara Pelaku Usaha Dengan Konsumen Dalam Transaksi Pre Order Sering Kali Menimbulkan Persoalan Ketika Salah Satu Pihak, Khususnya Konsumen Melakukan Pembatalan Secara Sepihak. Kesepakatan Yang Telah Tercapai Seharusnya Memiliki Kekuatan Mengikat, Sehingga Pembatalan Tanpa Alasan Yang Sah Dapat Dikategorikan Sebagai Wanprestasi. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Bagaimana Praktik Pelaksanaan Dan Upaya Penyelesaian Sengketa Melalui Negosiasi Yang Diterapkan Oleh Pelaku Usaha Dalam Transaksi Pre Order Antara Pelaku Usaha Dengan Konsumen Di Desa Air Anyir, Serta Sejauh Mana Perlindungan Hukum Terhadap Pelaku Usaha Dapat Diimplementasikan. Jenis Penelitian Yang Digunakan Adalah Penelitian Yuridis Empiris, Pendekatan Yang Digunakan Ialah Peraturan Perundang-Undangan, Teknik Pengumpulan Data Melalui Wawancara Dan Teknik Analisisnya Secara Kualitatif. Hasil Dari Penelitian Ini Menunjukkan Bahwa Penyelesaian Sengketa Masih Dominan Dilakukan Secara Non Litigasi Melalui Negosiasi Langsung, Dan Pelaku Usaha Cenderung Tidak Menempuh Jalur Hukum (Litigasi) Karena Dianggap Rumit, Mahal, Dan Tidak Sebanding Dengan Nilai Kerugian. Perlindungan Hukum Terhadap Pelaku Usaha Masih Belum Seimbang Dengan Konsumen, Meskipun Secara Hukum Keduanya Memiliki Hak Dan Kewajiban Yang Setara Dalam Perjanjian.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perjanjian; Wanprestasi; Pre order; Negosiasi
Subjects: K Hukum > K Law (General)
Divisions: FAKULTAS HUKUM > HUKUM > KEPERDATAAN > SKRIPSI
Depositing User: Darma -
Date Deposited: 16 Dec 2025 06:33
Last Modified: 16 Dec 2025 06:33
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/12838

Actions (login required)

View Item View Item