Sevia Agusti, (NIM. 5012111051) (2025) Keberfungsian stakeholders dalam peningkatan APK-PT di Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat. Other thesis, Universitas Bangka Belitung.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (733kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (723kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (807kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (643kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (678kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Angka Partisipasi Kasar (APK) Perguruan Tinggi (PT) merupakan indikator pendidikan yang digunakan untuk mengetahui tingkat partisipasi penduduk usia 19-23 tahun dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Berdasarkan data BPS, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menempati posisi APK-PT terendah di Indonesia, yaitu 14,85% pada tahun 2022, 18,19% pada tahun 2023, dan 20,14% pada tahun 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi APK-PT di Sekolah Menengah Atas dan menganalisis keberfungsian stakeholders dalam menangani permasalahan APK-PT di Kecamatan Muntok. Penelitian ini menggunakan teori struktural fungsional dari Talcott Parsons dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui proses wawancara, dokumentasi dan analisis data. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling yang sesuai dengan kriteria tertentu yaitu dengan unit masalah terdiri dari Pemerintah, Sekolah dan Orang Tua. Hasil penelitian yang pertama menunjukkan bahwa terdapat lima faktor yang mempengaruhi rendahnya APK-PT di Kecamatan Muntok, yaitu (a) faktor ekonomi, (b) faktor kontruksi sosial budaya, (c) faktor akses dsan informasi, (d) faktor pengaruh perkembangan media sosial, dan (e) faktor pola pikir (mindset).Kedua, teridentifikasi bahwa keberfungsian stakeholders dalam menangani permasalahan rendahnya APK-PT di Kecamatan Muntok masih belum berjalan secara optimal. Stakeholders pendidikan di Kecamatan Muntok berada dalam posisi transisional antara fungsional dan disfungsional. Berdasarkan analisis teori AGIL Parsons, dapat disimpulkan bahwa adaptasi (A) dan integrasi (I) belum berjalan maksimal, pencapaian tujuan (G) masih terhambat oleh keterbatasan ekonomi dan mindset, sedangkan pemeliharaan pola (L) memerlukan dukungan budaya dan informasi yang lebih kuat agar sistem pendidikan dapat berfungsi secara optimal.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | APK-PT; Pendidikan; Pendidikan tinggi; Keberfungsian stakeholders |
| Subjects: | H Ilmu Sosial > H Ilmu Sosial (Umum) |
| Divisions: | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK > SOSIOLOGI > SKRIPSI |
| Depositing User: | Darma - |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 03:47 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 03:47 |
| URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/12774 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
