Pertarungan wacana pendidikan seks bagi anak dalam film OMG 2: konstruksi pengetahuan tradisional India vs pengetahuan modern Barat

Ruly Nur Afriyansyah, (NIM. 501211181) (2025) Pertarungan wacana pendidikan seks bagi anak dalam film OMG 2: konstruksi pengetahuan tradisional India vs pengetahuan modern Barat. Other thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)

Abstract

Pendidikan seks bagi anak hingga kini masih menjadi isu yang diperdebatkan, terutama karena dianggap tabu dan sering berbenturan dengan nilai budaya maupun agama. Film OMG 2 (2023) karya Amit Rai merepresentasikan isu ini melalui pertarungan wacana antara pengetahuan tradisional India yang bersumber dari ajaran Hindu kuno dengan pengetahuan modern Barat yang cenderung menutup pembicaraan mengenai seksualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pertarungan wacana pendidikan seks direpresentasikan dalam film OMG 2. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Analisis Wacana Kritis (AWK) model Teun A. Van Dijk, yang mencakup tiga dimensi utama: struktur teks, kognisi sosial, dan konteks sosial. Data primer diperoleh melalui observasi langsung terhadap film OMG 2, sementara data sekunder dikumpulkan dari literatur akademik, artikel, dan dokumen yang relevan. Analisis dilakukan dengan mengkaji lima adegan utama yang menggambarkan perdebatan mengenai pendidikan seks, baik melalui dialog, pilihan kata, maupun konstruksi narasi visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dimensi struktur teks, film ini memproduksi wacana pendidikan seks melalui oposisi tokoh Kanti dan Kamini di ruang persidangan. Kanti, dengan dukungan figur Ilahi, menghadirkan argumen berbasis kitab-kitab Hindu kuno yang menekankan keterbukaan, sedangkan Kamini mewakili pandangan konservatif yang menganggap pendidikan seks sebagai ancaman moral. Pada dimensi kognisi sosial, film ini merefleksikan ketegangan kultural dalam masyarakat India: antara warisan tradisi yang sesungguhnya pernah terbuka terhadap seksualitas dengan konstruksi sosial modern yang men-tabukan seks akibat pengaruh kolonialisme dan nilai konservatif. Transformasi tokoh Kanti dari seorang ayah religius konservatif menjadi pembela keterbukaan pendidikan seks juga mencerminkan pergeseran pola pikir kolektif masyarakat. Pada dimensi konteks sosial, film ini berfungsi sebagai kritik terhadap minimnya edukasi seks di India yang berkontribusi pada tingginya kasus pelecehan anak, sekaligus menjadi refleksi bagi masyarakat lain, termasuk Indonesia, yang menghadapi problem serupa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa OMG 2 hadir sebagai medium edukasi dan kritik sosial. Film ini menantang hegemoni wacana tabu dengan menegaskan pentingnya pendidikan seks sejak dini sebagai bentuk perlindungan anak dan penguatan kesadaran kolektif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisis wacana kritis; Van Dijk; Pendidikan seks; Film OMG 2; India
Subjects: H Ilmu Sosial > H Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK > SOSIOLOGI > SKRIPSI
Depositing User: Darma -
Date Deposited: 16 Dec 2025 03:41
Last Modified: 16 Dec 2025 03:41
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/12773

Actions (login required)

View Item View Item