Gabrina Rizka Purbaya Saida, (NIM. 5012111068). (2025) Representasi identitas diri sebagai komoditi di media sosial instagram: studi pada selebgram di Kota Pangkalpinang. Other thesis, Universitas Bangka Belitung.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (800kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (713kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (670kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (788kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (629kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (679kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Media sosial instagram merupakan salah satu aplikasi berbasis digital yang berguna untuk merepresentasikan identitas diri seseorang dalam bentuk visualisasi gambar dan juga sarana berbagi kehidupan pribadi di ruang publik digital. Saat ini media sosial instagram tidak hanya digunakan sebatas representasi diri secara visual, melainkan menjadi sebuah ruang bagi beberapa kalangan penggunanya yang terkenal di media sosial instagram, yakni para selebgram untuk mendapatkan keuntungan yang bersifat nilai ekonomi dengan bentuk identitas diri yang direpresentasikannya di media sosial instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana bentuk identitas diri yang di representasikan selebgram Kota Pangkalpinang di media sosial instagram sebagai komoditi dan mengetahui proses representasi diri yang dikomodifikasi di media sosial instagram dengan menggunakan pendekatan fenomenologi dan menggunanakan teori representasi dari Stuart Hall. Adapun hasil temuan dari penelitian ini ialah bentuk dari identitas diri yang direpresentasikan oleh para informan penelitian yaitu selebgram kota pangkalpinang sebagai komoditi di media sosial merupakan hasil dari konstruksi identitas diri yang sengaja di bentuk untuk memberikan sebuah kesan dan citra diri yang sesuai dengan identitas diri masing-masing individu yang telah dikemas dan melalui proses pemilihan dan pengeditan. Proses dari identitas diri yang kemudian dikomodifikasi di media sosial terjadi akibat proses dari praktik sosial yang dilakukan para selebgram Kota Pangkalpinang membentuk identitas diri sesuai dengan ciri khas dan karakternya sehingga dikomodifikasi dengan proses dan realita sosial dengan cara masing-masing yang berbeda di setiap individunya.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Identitas diri; Selebgram; Komodifikasi |
| Subjects: | H Ilmu Sosial > H Ilmu Sosial (Umum) |
| Divisions: | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK > SOSIOLOGI > SKRIPSI |
| Depositing User: | Darma - |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 02:47 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 02:47 |
| URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/12750 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
