Representasi identitas diri sebagai komoditi di media sosial instagram: studi pada selebgram di Kota Pangkalpinang

Gabrina Rizka Purbaya Saida, (NIM. 5012111068). (2025) Representasi identitas diri sebagai komoditi di media sosial instagram: studi pada selebgram di Kota Pangkalpinang. Other thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Media sosial instagram merupakan salah satu aplikasi berbasis digital yang berguna untuk merepresentasikan identitas diri seseorang dalam bentuk visualisasi gambar dan juga sarana berbagi kehidupan pribadi di ruang publik digital. Saat ini media sosial instagram tidak hanya digunakan sebatas representasi diri secara visual, melainkan menjadi sebuah ruang bagi beberapa kalangan penggunanya yang terkenal di media sosial instagram, yakni para selebgram untuk mendapatkan keuntungan yang bersifat nilai ekonomi dengan bentuk identitas diri yang direpresentasikannya di media sosial instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana bentuk identitas diri yang di representasikan selebgram Kota Pangkalpinang di media sosial instagram sebagai komoditi dan mengetahui proses representasi diri yang dikomodifikasi di media sosial instagram dengan menggunakan pendekatan fenomenologi dan menggunanakan teori representasi dari Stuart Hall. Adapun hasil temuan dari penelitian ini ialah bentuk dari identitas diri yang direpresentasikan oleh para informan penelitian yaitu selebgram kota pangkalpinang sebagai komoditi di media sosial merupakan hasil dari konstruksi identitas diri yang sengaja di bentuk untuk memberikan sebuah kesan dan citra diri yang sesuai dengan identitas diri masing-masing individu yang telah dikemas dan melalui proses pemilihan dan pengeditan. Proses dari identitas diri yang kemudian dikomodifikasi di media sosial terjadi akibat proses dari praktik sosial yang dilakukan para selebgram Kota Pangkalpinang membentuk identitas diri sesuai dengan ciri khas dan karakternya sehingga dikomodifikasi dengan proses dan realita sosial dengan cara masing-masing yang berbeda di setiap individunya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Identitas diri; Selebgram; Komodifikasi
Subjects: H Ilmu Sosial > H Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK > SOSIOLOGI > SKRIPSI
Depositing User: Darma -
Date Deposited: 16 Dec 2025 02:47
Last Modified: 16 Dec 2025 02:47
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/12750

Actions (login required)

View Item View Item