Peningkatan Nilai CBR (California Bearing Ratio) Tanah Lempung Menggunakan Pasir Dan Abu Serabut Kelapa Untuk Subgrade Jalan

Halimatussa’diah, (NIM. 1042111006) (2025) Peningkatan Nilai CBR (California Bearing Ratio) Tanah Lempung Menggunakan Pasir Dan Abu Serabut Kelapa Untuk Subgrade Jalan. Other thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (940kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (932kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (604kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tanah lempung  adalah tipe tanah yang memiliki plastisitas yang tinggi dan kemampuan mendukung yang rendah, sehingga tidak ideal untuk digunakan sebagai lapisan dasar (subgrade) jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dampak substitusi pasir serta penambahan abu serabut kelapa terhadap peningkatan nilai California Bearing Ratio (CBR) pada tanah lempung. Sampel tanah diperoleh dari Desa Mendo, Kabupaten Bangka Belitung, dengan variasi campuran terdiri dari tanah lempung, 15% pasir, dan abu serabut kelapa sebanyak 5%, 7,5%, serta 10%. Proses pengujian dilaksanakan di laboratorium Jurusan Teknik sipil, perencanaan dan perancangan, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Bangka Belitung dengan menggunakan metode CBR yang terendam (soaked) dengan variasi energi pemadatan 10,30, dan 65 tumbukan. Nilai CBR tanah asli adalah 5,625%, campuran tanah lempung yaitu tanah lempung +15% pasir + 5% abu serabut kelapa yaitu sebesar 9,375%% dengan jumlah pukulan sebanyak 65, campuran tanah lempung yaitu tanah lempung +15% pasir +7,5% abu serabut kelapa yaitu sebesar 10,050% dengan jumlah pukulan sebanyak 65, campuran tanah lempung yaitu tanah lempung +15% pasir + 10% abu serabut kelapa yaitu sebesar 11,625% dengan jumlah pukulan sebanyak 65. Dari hasil penelitian diketahui bahwa substitusi pasir dan penambahan abu serabut kelapa pada tanah lempung dapat memberikan pengaruh peningkatan nilai pada CBR tanah. Nilai tertinggi yang didapat DDT (Daya Dukung Tanah) untuk subgrade jalan yaitu 6,281% dari nilai daya dukung tanah asli yang didapat hanya 4,540%. Menurut bina marga tahun 2006 peningkatan nilai DDT (Daya Dukung Tanah) sebesar 6,281% tersebut bisa dijadikan untuk subgrade jalan dikarenakan nilai sudah memenuhi persyaratan yaitu .

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Tanah Lempung; Stabilisasi; Pasir; Abu Serabut Kelapa; CBR; Subgrade.
Subjects: T Teknologi > TA Teknik (Umum). Teknik Sipil (Umum)
Divisions: FAKULTAS SAINS DAN TEKNIK > TEKNIK SIPIL > SKRIPSI
Depositing User: Mr Arja Kusuma
Date Deposited: 24 Oct 2025 01:39
Last Modified: 24 Oct 2025 01:39
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/12733

Actions (login required)

View Item View Item