Halimatussa’diah, (NIM. 1042111006) (2025) Peningkatan Nilai CBR (California Bearing Ratio) Tanah Lempung Menggunakan Pasir Dan Abu Serabut Kelapa Untuk Subgrade Jalan. Other thesis, Universitas Bangka Belitung.
| 
              
Text (HALAMAN DEPAN)
 HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB)  | 
          |
| 
              
Text (BAB I)
 BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (594kB)  | 
          |
| 
              
Text (BAB II)
 BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (940kB)  | 
          |
| 
              
Text (BAB III)
 BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB)  | 
          |
| 
              
Text (BAB IV)
 BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (932kB)  | 
          |
| 
              
Text (BAB V)
 BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (604kB)  | 
          |
| 
              
Text (DAFTAR PUSTAKA)
 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (544kB)  | 
          |
| 
              
Text (LAMPIRAN)
 LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB)  | 
          
Abstract
Tanah lempung adalah tipe tanah yang memiliki plastisitas yang tinggi dan kemampuan mendukung yang rendah, sehingga tidak ideal untuk digunakan sebagai lapisan dasar (subgrade) jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dampak substitusi pasir serta penambahan abu serabut kelapa terhadap peningkatan nilai California Bearing Ratio (CBR) pada tanah lempung. Sampel tanah diperoleh dari Desa Mendo, Kabupaten Bangka Belitung, dengan variasi campuran terdiri dari tanah lempung, 15% pasir, dan abu serabut kelapa sebanyak 5%, 7,5%, serta 10%. Proses pengujian dilaksanakan di laboratorium Jurusan Teknik sipil, perencanaan dan perancangan, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Bangka Belitung dengan menggunakan metode CBR yang terendam (soaked) dengan variasi energi pemadatan 10,30, dan 65 tumbukan. Nilai CBR tanah asli adalah 5,625%, campuran tanah lempung yaitu tanah lempung +15% pasir + 5% abu serabut kelapa yaitu sebesar 9,375%% dengan jumlah pukulan sebanyak 65, campuran tanah lempung yaitu tanah lempung +15% pasir +7,5% abu serabut kelapa yaitu sebesar 10,050% dengan jumlah pukulan sebanyak 65, campuran tanah lempung yaitu tanah lempung +15% pasir + 10% abu serabut kelapa yaitu sebesar 11,625% dengan jumlah pukulan sebanyak 65. Dari hasil penelitian diketahui bahwa substitusi pasir dan penambahan abu serabut kelapa pada tanah lempung dapat memberikan pengaruh peningkatan nilai pada CBR tanah. Nilai tertinggi yang didapat DDT (Daya Dukung Tanah) untuk subgrade jalan yaitu 6,281% dari nilai daya dukung tanah asli yang didapat hanya 4,540%. Menurut bina marga tahun 2006 peningkatan nilai DDT (Daya Dukung Tanah) sebesar 6,281% tersebut bisa dijadikan untuk subgrade jalan dikarenakan nilai sudah memenuhi persyaratan yaitu .
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Tanah Lempung; Stabilisasi; Pasir; Abu Serabut Kelapa; CBR; Subgrade. | 
| Subjects: | T Teknologi > TA Teknik (Umum). Teknik Sipil (Umum) | 
| Divisions: | FAKULTAS SAINS DAN TEKNIK > TEKNIK SIPIL > SKRIPSI | 
| Depositing User: | Mr Arja Kusuma | 
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 01:39 | 
| Last Modified: | 24 Oct 2025 01:39 | 
| URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/12733 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
