Pengaruh perceived ease of use, perceived usefulness, perceived credibility, dan social influence terhadap perilaku konsumtif

Deannita Ignacia, (NIM. 3012111003) (2025) Pengaruh perceived ease of use, perceived usefulness, perceived credibility, dan social influence terhadap perilaku konsumtif. Other thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (843kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (726kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (679kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (765kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam cara individu melakukan transaksi keuangan. Munculnya berbagai platform digital seperti mobile banking dan e-wallet, telah memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan keuangan dengan lebih cepat dan praktis. Fenomena ini semakin nyata di kalangan generasi muda, khususnya Generasi Z, yang tumbuh dalam ekosistem digital dan menjadikan teknologi sebagai bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Generasi ini cenderung mengutamakan kecepatan, kenyamanan, dan tren sosial dalam setiap aktivitas konsumsinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perceived ease of use, perceived usefulness, perceived credibility, dan social influence terhadap perilaku konsumtif generasi z di Provinsi Kepualuan Bangka Belitung. Pendekatan penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan sampel sebanyak 125 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dan metode analisis data menggunakan pls-sem. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah perceived ease of use, perceived usefulness, perceived credibility, dan social influence, sedangkan variabel terikat yaitu perilaku konsumtif.Berdasarkan hasil penelitian variabel perceived ease of use, perceived credibility, dan social influence berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif generasi z, sedangkan variabel perceived usefulness tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif generasi z. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi teoritis berupa pengayaan literatur mengenai perilaku konsumtif generasi Z dalam konteks digital, serta kontribusi praktis berupa rekomendasi kepada perusahaan digital dan pemasar agar dapat menyusun strategi pemasaran yang tidak hanya efektif mendorong konsumsi, tetapi juga mampu mengedukasi konsumen agar lebih bijak dalam mengelola perilaku konsumtif di era digital.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: perceived ease of use, perceived usefulness, perceived credibility, social influence, perilaku konsumtif
Subjects: H Ilmu Sosial > HF Perdagangan > HF5601 Accounting
Divisions: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS > AKUNTANSI > SKRIPSI
Depositing User: Mrs Nia Erawati
Date Deposited: 23 Dec 2025 08:14
Last Modified: 23 Dec 2025 08:14
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/12587

Actions (login required)

View Item View Item