Burhanudin, (NIM. 3052221003) (2025) Strategi pemasaran melalui pemasaran digital, bauran pemasaran, brand awareness, service quality dan perantara pemasaran terhadap keputusan pembelian mobil bekas di Kota Pangkalpinang. Masters thesis, Universitas Bangka Belitung.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (819kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (916kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (839kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (654kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (865kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji berbagai aspek strategi pemasaran yang memengaruhi keputusan pembelian mobil bekas di Kota Pangkalpinang. Perubahan pesat dalam dunia bisnis, terutama dalam hal teknologi komunikasi dan digitalisasi, telah mendorong perusahaan untuk menyesuaikan strategi pemasaran mereka. Penelitian ini memfokuskan pada pengaruh pemasaran digital, harga, promosi, kualitas produk, brand awarenes, kualitas layanan, dan peran perantara pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, dengan melibatkan pemilik usaha, pelanggan, dan pihak terkait di Kota Pangkalpinang sebagai responden. Variabel independen dalam penelitian ini terdiri dari pemasaran digital, harga, promosi, kualitas produk, brand awareness, kualitas layanan, dan perantara pemasaran, dengan keputusan pembelian sebagai variabel intervening serta strategi pemasaran sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis Structural Equation Modeling–Partial Least Squares (SEM–PLS) menggunakan aplikasi SmartPLS 4.0. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada pelaku pemilik usaha dan perantara pemasaran mobil bekas di Kota Pangkalpinang serta konsumen yang pernah membeli mobil bekas di Kota Pangkalpinang dengan total responden sebanyak 102 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keputusan pembelian berpengaruh positif dan signifikan terhadap strategi pemasaran. Variabel promosi, kualitas produk, brand awareness, kualitas layanan, dan perantara pemasaran memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sebaliknya, variabel pemasaran digital dan harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai R-square sebesar 0,788 pada keputusan pembelian dan 0,567 pada strategi pemasaran menunjukkan bahwa model memiliki kemampuan prediksi yang baik. Uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa semua konstruk memenuhi kriteria outer model. Dengan demikian, strategi pemasaran yang efektif untuk mobil bekas di Pangkalpinang perlu difokuskan pada peningkatan kualitas produk dan layanan, promosi yang tepat sasaran, serta optimalisasi peran perantara dan brand awareness untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi pemasaran; pemasaran digital; harga; promosi; kualitas produk; brand awareness; kualitas layanan; perantara pemasaran; keputusan pembelian; mobil bekas |
| Subjects: | H Ilmu Sosial > HB Teori Ekonomi H Ilmu Sosial > HF Perdagangan H Ilmu Sosial > HG Keuangan |
| Divisions: | FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS > MAGISTER MANAJEMEN > TESIS |
| Depositing User: | Darma - |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 06:54 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 06:54 |
| URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/12581 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
