Supriyadi, (NIM. 1042111025) (2025) Analisis Pengaruh U-TURN terhadap Kinerja Ruas Jalan Jenderal Sudirman Kota Pangkalpinang. Other thesis, Universitas Bangka Belitung.
![]() |
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (709kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (301kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (619kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (518kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (911kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (158kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (98kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Pertumbuhan jumlah kendaraan di Kota Pangkalpinang setiap tahun meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk dan aktivitas masyarakat. Salah satu fasilitas lalu lintas yang umum digunakan untuk mengakomodasi pergerakan kendaraan adalah U-Turn. Namun, keberadaan U-Turn dapat mempengaruhi kinerja ruas jalan, terutama pada jalan arteri dengan volume lalu lintas tinggi seperti Jalan Jenderal Sudirman Kota Pangkalpinang. Tujuan dari penelitian ini adalah menghitung waktu tempuh kendaraan melakukan U-Turn, menghitung rasio antrian kendaraan saat melakukan U-Turn, dan menganalisis pengaruh U-Turn terhadap kinerja ruas Jalan Jenderal Sudirman Kota Pangkalpinang. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa waktu tempuh yang dibutuhkan kendaraan untuk melakukan U Turn di ruas Jalan Jenderal Sudirman Kota Pangkalpinang dari arah Ramayana ke Alun – alun Taman Merdeka yaitu 18,42 detik, sedangkan dari arah Alun – alun Taman Merdeka ke Ramayan, waktu tempuh kendaraan melakukan U-Turn rata – rata yaitu 18,14 detik. Rasio antrian kendaraan U-Turn dari Alun – alun Taman Merdeka ke Ramayana rasio antrian tertinggi yaitu 3,64 kendaraan/jam, sedangkan dari Ramayana ke Alun – alun Taman Merdeka, Rasio antrian tertinggi yaitu 3,85 kendaraan/jam. Kinerja ruas jalan Jenderal Sudirman Kota Pangkalpinang dapat ditinjau dari nilai kapasitas (C), nilai derajat kejenuhan (DS), dan tingkat pelayanan dari Alun – alun Taman Merdeka ke Ramayana nilai kapasitas (C) yaitu 2.910,60 smp/jam dan nilai derajat kejenuhan (DS) yaitu 0,46 dengan tingkat pelayanan C yaitu dalam zona arus stabil. Pengemudi dibatasi dalam memilih kecepatan, sedangkan dari Ramayana ke Alun – alun Taman Merdeka yaitu 2.910,60 smp/jam dan nilai derajat kejenuhan (DS) yaitu 0,32 dengan tingkat pelayanan B yaitu dalam zona arus stabil. Pengemudi memiliki kebebasan yang cukup dalam memilih kecepatan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | U-Turn; Waktu Tempuh; Rasio Antrian; Kinerja Ruas Jalan; Jalan Jenderal Sudirman Kota Pangkalpinang. |
Subjects: | T Teknologi > TE Teknik Jalan Raya. Jalan dan Trotoar |
Divisions: | FAKULTAS SAINS DAN TEKNIK > TEKNIK SIPIL > SKRIPSI |
Depositing User: | Mr Arja Kusuma |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 08:59 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 08:59 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/12548 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |