Analisis modal orang tua dalam memberikan dukungan sosial pada anak tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Negeri Koba, Bangka Tengah

Kisnandar, (NIM. 5012111030) (2025) Analisis modal orang tua dalam memberikan dukungan sosial pada anak tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Negeri Koba, Bangka Tengah. Other thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (949kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk dukungan sosial orang tua kepada anak tunagrahita dan menganalisis bagaimana modal ekonomi, budaya, dan sosial memengaruhi bentuk dukungan tersebut. Penelitian dilaksanakan di SLB Negeri Koba, Kabupaten Bangka Tengah, dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap 12 orang tua/wali, 1 guru pendamping, 1 kepala sekolah, dan jumlah seluruh anak tunagrahita ringan di SLB Negeri Koba berjumlah 48 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial yang diberikan orang tua terdiri dari empat bentuk, yaitu dukungan emosional, instrumental, penghargaan, dan informatif. Dukungan emosional ditunjukkan melalui empati, perhatian, terhadap anak. Dukungan instrumental diwujudkan dalam bentuk bantuan nyata seperti membiayai terapi, mengantar anak ke sekolah, dan menyediakan alat bantu belajar. Dukungan penghargaan diberikan melalui pujian dan motivasi atas usaha anak, sementara dukungan informatif ditunjukkan dengan memberikan arahan untuk membantu anak. Keempat bentuk dukungan ini tidak lepas dari pengaruh struktur modal yang dimiliki orang tua. Modal ekonomi memungkinkan dukungan material dan akses terhadap layanan pendidikan atau terapi tambahan. Modal budaya memengaruhi kualitas pola asuh dan pemahaman terhadap kebutuhan anak, sedangkan modal sosial memberikan akses terhadap jaringan bantuan, komunitas, dan pertukaran informasi yang mendukung peran pengasuhan. Temuan ini menunjukkan bahwa dukungan sosial orang tua merupakan praktik yang tidak terlepas dari posisi sosial mereka dalam struktur masyarakat. Dengan menggunakan teori modal Pierre Bourdieu, dapat disimpulkan bahwa modal yng dimiliki orang tua berpengaruh terhadap kapasitas orang tua dalam memberikan dukungan kepada anak tunagrahita ringan. Semakin tinggi akumulasi modal yang dimiliki orang tua, semakin besar peluang mereka memberikan dukungan yang konsisten, dan tepat sasaran kepada anak tunagrahita.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Dukungan sosial; Orang tua; Anak tunagrahita; Modal ekonomi; modal budaya; modal sosial
Subjects: H Ilmu Sosial > H Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK > SOSIOLOGI > SKRIPSI
Depositing User: Darma -
Date Deposited: 08 Dec 2025 06:53
Last Modified: 08 Dec 2025 06:53
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/12511

Actions (login required)

View Item View Item