Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Sayuran Hidroponik di Kota Pangkalpinang

Ayu Wulan Dari, (NIM. 2052111039) (2025) Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Sayuran Hidroponik di Kota Pangkalpinang. Other thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kepuasan konsumen terhadap sayuran hidroponik ditentukan oleh persepsi mereka terhadap kualitas, harga, serta manfaat yang dirasakan dari produk tersebut. Sementara itu, loyalitas tercermin melalui perilaku pembelian ulang, memprioritaskan produk serta merekomendasikan produk. Di Kota Pangkalpinang, ketersediaan produk masih menjadi tantangan, mengingat sebagian besar pelaku usaha hidroponik komersial masih bergerak dalam skala kecil, sehingga volume produksi belum mampu menjawab permintaan pasar secara berkelanjutan. Metode penelitian ini menggunakan metode survei. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 150 orang. Teknik pengumpulan data mencakup observasi langsung, penyebaran kuesioner, dan wawancara mendalam. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan pendekatan Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen sayuran hidroponik di Kota Pangkalpinang. Selain itu, harga juga terbukti memengaruhi kepuasan dan loyalitas konsumen secara langsung. Kesadaran kesehatan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, namun tidak berpengaruh langsung terhadap loyalitas konsumen. Kepuasan konsumen memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Selain pengaruh langsung, terdapat pula pengaruh tidak langsung, yaitu kualitas produk, harga, dan kesadaran kesehatan memengaruhi loyalitas konsumen melalui kepuasan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: kepuasan, loyalitas, sayuran hidroponik
Subjects: H Ilmu Sosial > HB Teori Ekonomi
S Pertanian > S Pertanian (Umum)
Divisions: FAKULTAS PERTANIAN, PERIKANAN DAN KELAUTAN > AGRIBISNIS > SKRIPSI
Depositing User: Mrs Suci Rhomana Sari
Date Deposited: 17 Dec 2025 01:19
Last Modified: 17 Dec 2025 01:19
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/12503

Actions (login required)

View Item View Item