Dinda Zamara, (NIM. 5012111085) (2025) Makna dan konsepsi diri influencer fashion hijab malaysia (studi pada influencer Gen Z Muslimah di Kota Pangkalpinang). Other thesis, Universitas Bangka Belitung.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (691kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (507kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (873kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) | Request a copy |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini menganalisis makna dan konsepsi diri yang terbentuk dari aktivitas mempopulerkan trend fashion hijab Malaysia oleh influencer Muslimah Gen Z di Kota Pangkalpinang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti makna dan konsep diri yang dihasilkan oleh para influencer Muslimah Gen Z di Kota Pangkalpinang dalam aktivitas mereka mempopulerkan trend fashion hijab Malaysia. Pengalaman subjektif para informan dalam memaknai hijab sebagai sarana representasi diri, nilai religius, dan simbol estetika dikupas tuntas dalam penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode fenomenologi. Teknik penentuan informan dilakukan secara purposive sampling sebanyak delapan informan, dengan kriteria Gen Z Muslimah yang aktif sebagai influencer fashion hijab di media sosial Instagram. Observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi unggahan media sosial Instagram para influencer terpilih digunakan untuk mengumpulkan data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa mengenakan hijab dengan gaya Malaysia dipandang sebagai cara untuk mengekspresikan identitas Muslimah yang modern, kreatif, dan religius. Aktifitas Influencing dalam mempopulerkan trend fashion hijab Malaysia secara signifikan mempengaruhi representasi diri para informan, yang mengindikasikan adanya keselarasan antara prinsip-prinsip agama dan aktualisasi diri di ranah digital. Temuan ini dianalisis dengan menggunakan teori interaksionisme simbolik George Herbert Mead, yang menekankan bahwa konsepsi diri terbentuk melalui proses interaksi sosial dan pertukaran simbol. Penelitian ini menyimpulkan bahwa trend fashion hijab Malaysia bukan sekadar fenomena gaya berpakaian, tetapi juga menjadi media konstruksi representasi diri, dan ruang perluasan makna hijab di era digital. Penelitian ini memberikan kontribusi pada kajian sosiologi identitas, khususnya terkait fenomena fashion hijab dan generasi digital perempuan Muslim.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Gen Z; Hijab Malaysia; Influencer; Interaksionisme Simbolik; Konsepsi Diri; Media Sosial |
| Subjects: | H Ilmu Sosial > H Ilmu Sosial (Umum) H Ilmu Sosial > HM Sosiologi |
| Divisions: | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK > SOSIOLOGI > SKRIPSI |
| Depositing User: | Darma - |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 02:43 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 02:43 |
| URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/12462 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
