Kontribusi paguyuban wali murid kelas 4 terhadap peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri 12 Sungailiat

Nurhaliza Septiani, (NIM. 5012011037) (2025) Kontribusi paguyuban wali murid kelas 4 terhadap peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri 12 Sungailiat. Other thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya penurunan hasil prestasi pendidikan di Kelas 4 SDN 12 Sungailiat Kabupaten Bangka yang meliputi prestasi peserta didik secara eksternal dan kurangnya sinergi antara proses pembelajaran dan kondisi lingkungan di sekolah yang disebabkan oleh turunnya motivasi belajar dan kurangnya pengembangan bakat dan minat peserta didik pada tiap tingkatan kelas. Di sisi lain, pelaksanaan paguyuban dan komite sekolah hanya berjalan sesuai dengan event atau kegiatan besar saja. Sehingga, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai kontribusi paguyuban wali murid kelas 4 terhadap peningkatan mutu pendidikan di SDN 12 Sungailiat dengan menggunakan teori modal sosial oleh James Coleman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kontribusi paguyuban wali murid kelas 4 di SDN 12 Sungailiat terhadap permasalahan yang terjadi, yakni penurunan prestasi pendidikan peserta didik di sekolah. Lokasi penelitian ini dilakukan di SDN 12 Sungailiat di Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Penelitian ini sendiri menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek pada penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan memperhatikan kriteria yang terdiri dari wali murid kelas 4, wali kelas, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa paguyuban wali murid kelas 4 di SDn 12 Sungailiat sudah berkontribusi dengan baik dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Temuan ini dibuktikan dengan menggunakan teori modal sosial oleh James Coleman yang menunjukkan bahwa permasalahan yang ditemukan di awal penelitian dapat diselesaikan dengan pengoptimalan peran paguyuban wali murid kelas 4 di SD N 12 Sungailiat. Hal ini dikarenakan paguyuban di sini memiliki potensi besar dalam mendorong peningkatan mutu pendidikan. terdapat enam elemen modal sosial yang dimiliki oleh individu dalam komunitas atau masyarakat untuk memfasilitasi tindakan individu dalam mencapai tujuan. Modal sosial yang dicetus oleh Coleman meliputi kepercayaan, norma, jaringan sosial, akses terhadap sumber daya, kepentingan kolektif dan penguatan struktur sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi; Paguyuban Wali Murid; Modal Sosial; Mutu Pendidikan
Subjects: H Ilmu Sosial > H Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK > SOSIOLOGI > SKRIPSI
Depositing User: Darma -
Date Deposited: 10 Sep 2025 02:20
Last Modified: 10 Sep 2025 02:20
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/12345

Actions (login required)

View Item View Item