Manajemen Lalu Lintas Jalan Satu Arah di Jalan Trem Kota Pangkalpinang

Muhammad Satrio, (NIM. 1042111011) (2025) Manajemen Lalu Lintas Jalan Satu Arah di Jalan Trem Kota Pangkalpinang. Other thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (651kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (766kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Kemacetan di Pangkalpinang merupakan masalah kompleks akibat pertumbuhan jumlah kendaraan dan peningkatan jumlah penduduk, sehingga memerlukan manajemen lalu lintas yang efektif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan menganalisis kondisi eksisting dan mengevaluasi kinerja jalan satu arah di Jalan Trem Kota Pangkalpinang menggunakan metode MKJI 1997, serta mengidentifikasi masalah pengelolaan lalu lintas yang menyebabkan kemacetan. Data yang digunakan meliputi data primer, seperti geometrik jalan, volume lalu lintas, waktu tempuh, dan hambatan samping, serta data sekunder terkait batas segmen dan peraturan kebijakan yang berlaku. Analisis dengan MKJI 1997 dilakukan untuk menghitung kapasitas jalan, derajat kejenuhan, kecepatan tempuh, dan tingkat pelayanan. Hasilnya menunjukkan derajat kejenuhan sebesar 0,20 (Minggu) dan 0,22 (Senin), dengan tingkat pelayanan B. Kondisi ini mengindikasikan kemacetan pada jam puncak yang disebabkan oleh hambatan samping yang mengakibatkan kecepatan rata-rata kendaraan menurun. Oleh karena itu, diperlukan pengendalian hambatan samping yang baik agar kelancaran lalu lintas tetap terjaga secara optimal. Kesimpulannya, manajemen lalu lintas terbukti efektif meningkatkan kapasitas jalan, dan rekomendasi perbaikan setelah pengendalian hambatan samping dapat menjadi dasar evaluasi untuk jalan satu arah di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: manajemen lalu lintas; jalan satu arah; MKJI 1997; derajat kejenuhan; hambatan samping.
Subjects: T Teknologi > TE Teknik Jalan Raya. Jalan dan Trotoar
Divisions: FAKULTAS SAINS DAN TEKNIK > TEKNIK SIPIL > SKRIPSI
Depositing User: Mr Arja Kusuma
Date Deposited: 23 Oct 2025 07:09
Last Modified: 23 Oct 2025 07:09
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/12310

Actions (login required)

View Item View Item