Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Pada Simpang Tangsi Kota Pangkalpinang

Suci Novelia, (NIM. 1042111039) (2025) Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Pada Simpang Tangsi Kota Pangkalpinang. Other thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (973kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Permasalahan kepadatan dan konflik lalu lintas pada simpang tak bersinyal di Kota Pangkalpinang, khususnya di Simpang Tangsi, menunjukkan perlunya analisis kinerja simpang akibat pengaruh geometri jalan, hambatan samping, serta peningkatan volume lalu lintas yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memodelkan kinerja lalu lintas Simpang Tangsi secara kuantitatif berdasarkan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023 dengan menggunakan perangkat lunak PTV VISSIM Student Version 2024. Berdasarkan hasil analisis PKJI 2023, Simpang Tangsi masih berfungsi dengan baik dengan derajat kejenuhan sebesar 0,38, tundaan rata-rata 9,09 detik/kendaraan, dan peluang antrian berkisar antara 7% hingga 17%, yang mengindikasikan Level of Service B. Hasil simulasi mikroskopik melalui PTV VISSIM menunjukkan bahwa lengan utara, selatan, dan barat berada pada Level of Service A, sedangkan lengan timur berada pada Level of Service C. Validitas model diuji menggunakan metode GEH, dengan hasil seluruh lengan menunjukkan nilai <5, yaitu 0,350 (utara), 1,211 (timur), 0,632 (selatan), dan 0,472 (barat), yang menandakan bahwa model simulasi telah tervalidasi dan merepresentasikan kondisi lalu lintas eksisting secara akurat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Simpang; PKJI 2023; PTV VISSIM; Simpang Tak Bersinyal.
Subjects: T Teknologi > TA Teknik (Umum). Teknik Sipil (Umum)
T Teknologi > TE Teknik Jalan Raya. Jalan dan Trotoar
Divisions: FAKULTAS SAINS DAN TEKNIK > TEKNIK SIPIL > SKRIPSI
Depositing User: Mr Arja Kusuma
Date Deposited: 14 Oct 2025 08:18
Last Modified: 14 Oct 2025 08:18
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/12245

Actions (login required)

View Item View Item