Violentine Deftaristria, (NIM. 1042111068) (2025) Pengaruh Muatan Berlebih (Overload) Terhadap Umur Rencana Jalan Pada Ruas Jalan Sungailiat-Pangkalpinang. Other thesis, Universitas Bangka Belitung.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (596kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (904kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (514kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (941kB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (359kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (336kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang memiliki peran penting dalam mendukung mobilitas lalu lintas, terutama dalam kegiatan distribusi barang. Oleh karena itu, perencanaan struktur perkerasan jalan harus mempertimbangkan pengaruh kendaraan berat, mengingat kendaraan tersebut memiliki daya rusak yang jauh lebih besar dibandingkan kendaraan ringan. Pada ruas jalan Sungailiat–Pangkalpinang, mobilitas kendaraan berat bermuatan berlebih (overload) cukup tinggi dan menyebabkan kerusakan perkerasan sehingga umur layan jalan menjadi lebih singkat dari rencana awal. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung nilai Vehicle Damage Factor (VDF) dan penurunan umur rencana jalan akibat pengaruh kelebihan muatan dengan menggunakan metode Bina Marga 2017 dan AASHTO 1993. Data diperoleh melalui survei lapangan, referensi teknis, serta data sekunder dari Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai VDF meningkat seiring dengan kenaikan persentase muatan berlebih, yaitu sebesar 61,05% pada overload 10%, 148,83% pada overload 20%, 271,79% pada overload 30%, 437,82% pada overload 40%, dan 659,38% pada overload 50% dibandingkan kondisi normal. Dampaknya, umur layan jalan yang semula direncanakan hingga tahun 2035 mengalami percepatan akhir masa layan pada overload sebesar 10% yang akan habis pada tahun 2031, overload 20% hanya mampu bertahan hingga tahun 2029, overload 30% akan berakhir pada Tahun 2027, overload 40% akan berakhir satu tahun sebelumnya yaitu Tahun 2026, dan overload 50% hanya mampu bertahan pada tahun perencanaan, tahun 2025. Hal ini membuktikan bahwa semakin tinggi tingkat overloading, semakin cepat penurunan umur struktur jalan terjadi dibandingkan dengan umur rencana awal.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Muatan berlebih; Sisa umur rencana jalan. |
| Subjects: | T Teknologi > TA Teknik (Umum). Teknik Sipil (Umum) T Teknologi > TE Teknik Jalan Raya. Jalan dan Trotoar T Teknologi > TG Rekayasa Jembatan |
| Divisions: | FAKULTAS SAINS DAN TEKNIK > TEKNIK SIPIL > SKRIPSI |
| Depositing User: | Mr Arja Kusuma |
| Date Deposited: | 31 Oct 2025 08:07 |
| Last Modified: | 31 Oct 2025 08:07 |
| URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/12230 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
