Dimas Ariviansyah, (NIM. 1012111002) (2025) Simulasi kekuatan chassis mobil listrik jenis buggy car elvira Ev-1 menggunakan metode finite element analysis. Other thesis, Universitas Bangka Belitung.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (651kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (806kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (553kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (542kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (885kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi otomotif saat ini menunjukkan tren yang semakin meningkat menuju penggunaan kendaraan yang lebih ramah lingkungan, salah satunya adalah mobil listrik. Dalam penelitian ini akan dirancang sebuah mobil listrik dengan kapasitas enam penumpang termasuk sopir. Mobil listrik ini dinamakan Elvira EV-1. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kekuatan chassis mobil untuk mendapatkan chassis yang kuat apabila dibebani. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Finite Element Analysis berbasis komputer dengan bantuan software Autodesk Inventor 2020. Perancangan ini menggunakan beban statis yang berfokus pada perhitungan nilai kekuatan yang terdiri dari stress, displacement dan safety factor. Pengujian dilakukan dengan 2 variasi beban, yaitu pengujian dengan beban mobil dan pengujian dengan beban mobil ditambah penumpang. Hasil nilai stress maksimum yang terjadi di chassis mobil listrik jenis buggy car Elvira EV-1 dengan beban mobil adalah 117,2 Mpa, sedangkan untuk beban mobil ditambah penumpang mengalami stress maksimum sebesar 125,9 Mpa. Nilai displacement pada chassis mobil listrik jenis buggy car Elvira EV-1 dengan beban mobil adalah 0,8788 mm dan beban mobil ditambah penumpang sebesar 0,9499 mm. Untuk nilai safety factor pada chassis jenis buggy car Elvira EV-1 mendapatkan nilai 2,01 beban mobil dan 1,87 untuk beban mobil ditambah penumpang.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Elvira EV-1, chassis, finite element analysis, mobil listrik |
| Subjects: | T Teknologi > TJ Teknik Mesin dan Permesinan |
| Divisions: | FAKULTAS SAINS DAN TEKNIK > TEKNIK MESIN > SKRIPSI |
| Depositing User: | Mrs Nia Erawati |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 05:09 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 05:09 |
| URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/12221 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
