Simulasi kekuatan chassis mobil listrik jenis buggy car elvira Ev-1 menggunakan metode finite element analysis

Dimas Ariviansyah, (NIM. 1012111002) (2025) Simulasi kekuatan chassis mobil listrik jenis buggy car elvira Ev-1 menggunakan metode finite element analysis. Other thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (651kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (806kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (885kB)

Abstract

Perkembangan teknologi otomotif saat ini menunjukkan tren yang semakin meningkat menuju penggunaan kendaraan yang lebih ramah lingkungan, salah satunya adalah mobil listrik. Dalam penelitian ini akan dirancang sebuah mobil listrik dengan kapasitas enam penumpang termasuk sopir. Mobil listrik ini dinamakan Elvira EV-1. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kekuatan chassis mobil untuk mendapatkan chassis yang kuat apabila dibebani. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Finite Element Analysis berbasis komputer dengan bantuan software Autodesk Inventor 2020. Perancangan ini menggunakan beban statis yang berfokus pada perhitungan nilai kekuatan yang terdiri dari stress, displacement dan safety factor. Pengujian dilakukan dengan 2 variasi beban, yaitu pengujian dengan beban mobil dan pengujian dengan beban mobil ditambah penumpang. Hasil nilai stress maksimum yang terjadi di chassis mobil listrik jenis buggy car Elvira EV-1 dengan beban mobil adalah 117,2 Mpa, sedangkan untuk beban mobil ditambah penumpang mengalami stress maksimum sebesar 125,9 Mpa. Nilai displacement pada chassis mobil listrik jenis buggy car Elvira EV-1 dengan beban mobil adalah 0,8788 mm dan beban mobil ditambah penumpang sebesar 0,9499 mm. Untuk nilai safety factor pada chassis jenis buggy car Elvira EV-1 mendapatkan nilai 2,01 beban mobil dan 1,87 untuk beban mobil ditambah penumpang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Elvira EV-1, chassis, finite element analysis, mobil listrik
Subjects: T Teknologi > TJ Teknik Mesin dan Permesinan
Divisions: FAKULTAS SAINS DAN TEKNIK > TEKNIK MESIN > SKRIPSI
Depositing User: Mrs Nia Erawati
Date Deposited: 03 Dec 2025 05:09
Last Modified: 03 Dec 2025 05:09
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/12221

Actions (login required)

View Item View Item