Arya Firmansyah, (NIM. 1041911022) (2025) Penggunaan Tailing Kaolin Sebagai Agregat Halus Pada Campuran AC-WC Untuk Perkerasan Jalan. Other thesis, Universitas Bangka Belitung.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (420kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (895kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (359kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (310kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Pemanfaatan sumber daya alam dari pertambangan lokal berupa tailing kaolin ini menjadi alternatif agregat halus untuk pembangunan infrastruktur jalan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sehingga efisiensi waktu dan biaya dapat dicapai dengan baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Penggunaan Tailing Kaolin Sebagai Agregat Halus Pada Campuran AC–WC Untuk Perkerasan Jalan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh subtitusi tailing kaolin pada karakteristik marshall dan nilai kadar aspal optimum (KAO) pada campuran AC-WC berdasarkan karakteristik marshall. Jumlah benda uji yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 75 buah, jumlah tumbukan sebanyak 75 tumbukan disetiap sisi benda uji dengan 5 variasi kadar aspal yaitu 4,5%, 5%, 5,5%, 6% dan 6,5% serta 5 variasi campuran tailing kaolin yaitu 0%, 25%, 50%, 75% dan 100%. Pedoman yang digunakan pada penelitian ini adalah Spesifikasi Umum Bina Marga Tahun 2018 Revisi 2. Hasil analisis menunjukan bahwa tailing kaolin sebagai agregat halus terhadap campuran aspal mempengaruhi nilai karakteristik marshall yaitu nilai kepadatan rata-rata tertinggi pada variasi 25% tailing kaolin, nilai VIM tertinggi pada 100% tailing kaolin, nilai VFB tertinggi pada 25% tailing kaolin, nilai VMA tertinggi pada 100% tailing kaolin, nilai stabillitas tertinggi pada 25% tailing kaolin, nilai Flow tertinggi pada 0% tailing kaolin, nilai Marshall Question tertinggi pada 100% tailing kaolin. Nilai kadar aspal optimum (KAO) yang memenuhi parameter nilai karakteristik marshall terdapat pada kadar aspal 6%, 6,25% dan 6,5% dengan variasi subtitusi campuran aspal yang menggunakan 0%, 50%, 75% dan 100% tailing kaolin.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | AC-WC; Campuran Beraspal; Karkteristik Marshall; Tailing Kaolin. |
| Subjects: | T Teknologi > TE Teknik Jalan Raya. Jalan dan Trotoar |
| Divisions: | FAKULTAS SAINS DAN TEKNIK > TEKNIK SIPIL > SKRIPSI |
| Depositing User: | Mr Arja Kusuma |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 06:29 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 06:29 |
| URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/12146 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
