Pengaruh Persepsi manfaat, persepsi kemudahan, dan literasi keuangan terhadap keputusan Generasi Z dalam memanfaatkan layanan pinjaman peer-to-peer lending yang dimediasi kepercayaan di Kota Pangkalpinang

Gendra Pratio, (NIM. 3012111064) (2025) Pengaruh Persepsi manfaat, persepsi kemudahan, dan literasi keuangan terhadap keputusan Generasi Z dalam memanfaatkan layanan pinjaman peer-to-peer lending yang dimediasi kepercayaan di Kota Pangkalpinang. Other thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (762kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (753kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, dan Literasi Keuangan terhadap Keputusan Memanfaatkan Layanan P2P Lending dengan Kepercayaan sebagai variabel mediasi. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 393 responden yang merupakan Generasi Z berusia 18–23 tahun di Kota Pangkalpinang. Data dianalisis menggunakan uji convergen validity, composite reliability, discriminant validity, multikolinearitas, hipotesis, f square, serta uji mediasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Literasi Keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Memanfaatkan Layanan Pinjaman P2P Lending yang dimediasi Kepercayaan Generasi Z di Kota Pangkalpinang. Temuan ini di dukung teori diffusion of innovation, khususnya pada faktor relative advantage, compatibility, complexity, trialability, dan observability, yang menunjukan bahwa Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, dan Literasi Keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Memanfaatkan Layanan Pinjaman Peer-to-Peer Lending dan Kepercayaan terbukti memediasi secara positif dan signifikan hubungan antar variabel tersebut. Temuan ini memberikan kontribusi pada pengembangan literasi keuangan, penyusunan kebijakan fintech, dan strategi edukasi keuangan digital yang lebih efektif bagi Generasi Z di Kota Pangkalpinang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: persepsi manfaat, persepsi kemudahan, literasi keuangan, keputusan p2p lending, kepercayaan
Subjects: H Ilmu Sosial > HF Perdagangan > HF5601 Accounting
H Ilmu Sosial > HG Keuangan
Divisions: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS > AKUNTANSI > SKRIPSI
Depositing User: Mrs Nia Erawati
Date Deposited: 26 Nov 2025 07:37
Last Modified: 26 Nov 2025 07:37
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/11936

Actions (login required)

View Item View Item