Gendra Pratio, (NIM. 3012111064) (2025) Pengaruh Persepsi manfaat, persepsi kemudahan, dan literasi keuangan terhadap keputusan Generasi Z dalam memanfaatkan layanan pinjaman peer-to-peer lending yang dimediasi kepercayaan di Kota Pangkalpinang. Other thesis, Universitas Bangka Belitung.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (672kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (762kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (753kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (574kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (588kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, dan Literasi Keuangan terhadap Keputusan Memanfaatkan Layanan P2P Lending dengan Kepercayaan sebagai variabel mediasi. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 393 responden yang merupakan Generasi Z berusia 18–23 tahun di Kota Pangkalpinang. Data dianalisis menggunakan uji convergen validity, composite reliability, discriminant validity, multikolinearitas, hipotesis, f square, serta uji mediasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Literasi Keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Memanfaatkan Layanan Pinjaman P2P Lending yang dimediasi Kepercayaan Generasi Z di Kota Pangkalpinang. Temuan ini di dukung teori diffusion of innovation, khususnya pada faktor relative advantage, compatibility, complexity, trialability, dan observability, yang menunjukan bahwa Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, dan Literasi Keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Memanfaatkan Layanan Pinjaman Peer-to-Peer Lending dan Kepercayaan terbukti memediasi secara positif dan signifikan hubungan antar variabel tersebut. Temuan ini memberikan kontribusi pada pengembangan literasi keuangan, penyusunan kebijakan fintech, dan strategi edukasi keuangan digital yang lebih efektif bagi Generasi Z di Kota Pangkalpinang.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | persepsi manfaat, persepsi kemudahan, literasi keuangan, keputusan p2p lending, kepercayaan |
| Subjects: | H Ilmu Sosial > HF Perdagangan > HF5601 Accounting H Ilmu Sosial > HG Keuangan |
| Divisions: | FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS > AKUNTANSI > SKRIPSI |
| Depositing User: | Mrs Nia Erawati |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 07:37 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 07:37 |
| URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/11936 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
