Izal Maswani, (NIM. 1012111041) (2025) Modifikasi kendaraan honda beat Pgm-Fi 2014 menjadi kendaraan listrik. Other thesis, Universitas Bangka Belitung.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (551kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (529kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (495kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Sepeda motor merupakan kendaraan yang sangat populer di Indonesia, namun penggunaannya yang terus meningkat menyebabkan dampak negatif seperti emisi gas rumah kaca dan polusi udara. Teknologi motor listrik menjadi solusi ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi gas buang. Namun, materi pembelajaran tentang teknologi kendaraan listrik di SMK Negeri 7 Palembang masih terbatas, sehingga diperlukan inovasi untuk meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memodifikasi Honda Beat FI 2014 menjadi kendaraan listrik yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Modifikasi dilakukan dengan mengganti mesin bensin dengan motor listrik BLDC 2 kW 72 Volt sebagai penggerak utama serta baterai Lithium-ion EV 72 Volt 50 Ah sebagai sumber energi. Komponen pendukung lainnya meliputi ECU, sistem transmisi belt-pulley, dan DC to DC converter. Metode penelitian yang digunakan adalah reverse engineering dengan pengujian performa kendaraan pada lintasan datar sejauh 1 km dan tanjakan 100 m dengan kemiringan 10° sebanyak 3x pengujian. Hasil pengujian menunjukkan waktu rata-rata 49,66 detik untuk tanjakkan dan 2 menit 55 detik pada lintasan datar. Jarak tempuh maksimum mencapai 72,48 km dengan kecepatan rata-rata 17,44 km/jam. Kesimpulannya, modifikasi ini berhasil menghasilkan kendaraan listrik fungsional yang layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMK, serta mendukung pengenalan teknologi ramah lingkungan kepada siswa.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | honda beat Fi, motor listrik, SMK Negeri 7 Palembang |
| Subjects: | T Teknologi > TJ Teknik Mesin dan Permesinan |
| Divisions: | FAKULTAS SAINS DAN TEKNIK > TEKNIK MESIN > SKRIPSI |
| Depositing User: | Mrs Nia Erawati |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 01:27 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 01:29 |
| URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/11863 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
