Dwika Julian Nugroho, (NIM. 1042111056) (2025) Analisis Kinerja Persimpangan Bersinyal di Simpang Kampung Keramat Pangkalpinang. Other thesis, Universitas Bangka Belitung.
![]() |
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (427kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (347kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (393kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Simpang Kampung Keramat yang terletak di Kota Pangkalpinang sering kali menyebabkan konflik lalu lintas tidak terkendali, seperti kemacetan, keterlambatan, dan antrian kendaraan. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja persimpangan bersinyal di Simpang Kampung Keramat Pangkalpinang menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997) dan Software SIDRA Intersection, serta membandingkan kinerja persimpangan bersinyal di Simpang Kampung Keramat Pangkalpinang menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dan Software SIDRA Intersection. Analisis data menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dan Software SIDRA Intersection. Analisis dilakukan berdasarkan data hasil survey yang diketahui jam puncaknya terjadi pada pukul 16.00-17.00 WIB. Hasil analisis metode MKJI 1997 pada hari kerja (weekday) menunjukkan bahwa lengan Jl. Pahlawan 12 (Utara) dan Jl. Mentok berada pada tingkat pelayanan D, Jl. Pahlawan 12 (Selatan) pada kategori E, dan Jl. Depati Amir pada tingkat pelayanan F. Sementara itu, hasil analisis menggunakan SIDRA intersection menunjukkan bahwa lengan Jl. Pahlawan 12 (Utara) dan Jl. Mentok berada pada tingkat pelayanan D, sedangkan Jl. Pahlawan 12 (Selatan) dan Jl. Depati Amir berada pada tingkat E. Pada hari libur (weekend), metode MKJI 1997 menunjukkan seluruh lengan berada pada tingkat pelayanan D, begitu pula hasil dari SIDRA intersection yang menunjukkan tingkat pelayanan D untuk semua lengan. Hasil uji Paired T-Test terhadap parameter panjang antrian, derajat kejenuhan, dan tundaan rata-rata menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signfikan antara kedua metode pada hari kerja yang menunjukkan nilai (p ≥ 0,05), namun terdapat perbedaan signfikan pada hari libur (p ≤ 0,05). Berdasarkan hasil yang didapatkan, diketahui bahwa pelayanan simpang tergolong kurang baik. Oleh karena itu, perbaikan kinerja simpang disarankan dilakukan melalui penyesuaian waktu siklu serta pelebaran lajur kritis.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Persimpangan; Kota Pangkalpinang; Simpang Bersinyal; Tingkat Pelayanan; Volume Kendaraan. |
Subjects: | T Teknologi > TA Teknik (Umum). Teknik Sipil (Umum) |
Divisions: | FAKULTAS SAINS DAN TEKNIK > TEKNIK SIPIL > SKRIPSI |
Depositing User: | Mr Arja Kusuma |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 02:27 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 02:27 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/11811 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |