Analisa sistem pengereman hidrolik pada prototipe buggy car elvira Ev-1 menggunakan motor BLDC 3 KW 60 V

Handri Setiawan, (NIM. 1012111024) (2025) Analisa sistem pengereman hidrolik pada prototipe buggy car elvira Ev-1 menggunakan motor BLDC 3 KW 60 V. Other thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (800kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (801kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (720kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Mobil listrik kini semakin banyak digunakan karena lebih ramah lingkungan dan hemat energi. Salah satu komponen penting yang menentukan keselamatan mobil adalah sistem pengeremannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja rem hidrolik pada Prototipe Buggy Car Elvira EV-1 yang memakai motor BLDC 3 kW 60 V. Pengujian dilakukan di tiga kondisi jalan, yaitu datar, tanjakan, dan turunan, dengan kecepatan 20 km/jam, 30 km/jam, dan 40 km/jam. Hasil pengujian menunjukkan bahwa di jalan datar dan turunan, nilai perlambatan masih sesuai dengan standar aman NHTSA, yaitu 2,5–9 m/s². Pada lintasan datar, perlambatan berkisar antara 5,48 m/s² sampai 8,10 m/s², sedangkan di turunan antara 2,93 m/s² sampai 4,90 m/s². Namun, pada lintasan tanjakan, perlambatan mencapai 12,93 m/s² saat kecepatan 40 km/jam, yang sudah melewati batas standar dan bisa berbahaya. Gaya pengereman yang didapat berkisar antara 1.465 N hingga 6.456 N, dan torsi pengereman mencapai 1.884,54 Nm pada kondisi tertentu. Dari hasil ini bisa disimpulkan bahwa rem hidrolik pada prototipe ini sudah cukup aman digunakan di jalan datar dan turunan, tetapi tidak disarankan digunakan dengan kecepatan tinggi di tanjakan karena melewati batas aman yang ditetapkan NHTSA.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: buggy car, gaya pengereman, mobil listrik, NHTSA, sistem rem hidrolik, torsi pengereman
Subjects: T Teknologi > TJ Teknik Mesin dan Permesinan
Divisions: FAKULTAS SAINS DAN TEKNIK > TEKNIK MESIN > SKRIPSI
Depositing User: Mrs Nia Erawati
Date Deposited: 04 Nov 2025 05:07
Last Modified: 04 Nov 2025 05:07
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/11809

Actions (login required)

View Item View Item