Perbandingan simulasi monte carlo dan holt winters exponential smoothing dalam memprediksi jumlah penumpang di bandara Depati Amir

Tria Agustin, (NIM. 1072111022) (2025) Perbandingan simulasi monte carlo dan holt winters exponential smoothing dalam memprediksi jumlah penumpang di bandara Depati Amir. Other thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)

Abstract

Transportasi memiliki peran penting dalam menunjang mobilitas manusia dan barang serta mendukung pertumbuhan ekonomi wilayah. Transportasi udara menjadi pilihan utama masyarakat dalam perjalanan jarak jauh. Bandar Udara Depati Amir merupakan salah satu bandara utama di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang menunjukkan fluktuasi jumlah kedatangan penumpang setiap tahunnya. Fluktuasi ini di pengaruhi oleh berbagai faktor seperti hari raya, kebijakan pemerintah serta dampak pandemi Covid-19 yang menyebabkan penurunan signifikan pada tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi jumlah kedatangan penumpang pada periode Januari hingga Desember 2025 dengan membandingkan dua metode peramalan, yaitu Simulasi Monte Carlo dan Holt Winters Exponential Smoothing (HWES). Data yang digunakan berupa data historis bulanan dari tahun 2013 hingga 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Simulasi Monte Carlo menghasilkan nilai MAPE sebesar 30,98%, sedangkan metode HWES dengan pendekatan additive menghasilkan MAPE sebesar 60,44%. Nilai MAPE yang lebih kecil pada Simulasi Monte Carlo menunjukkan bahwa simulasi ini memiliki tingkat akurasi prediksi yang lebih tinggi dibandingkan HWES. Simulasi Monte Carlo dinilai sebagai metode terbaik dalam penelitian ini berdasarkan tingkat akurasi prediksi. Hasil prediksi diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi PT Angkasa Pura II dan Kementerian Perhubungan dalam merumuskan kebijakan terkait pengembangan infrastruktur Bandar Udara Depati Amir di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Transportasi Udara, Simulasi Monte Carlo, Holt Winters Exponential Smoothing, Bandar Udara Depati Amir
Subjects: Q Sains > QA Mathematics
Divisions: FAKULTAS SAINS DAN TEKNIK > MATEMATIKA > SKRIPSI
Depositing User: Mr Jan Frist Pagendo Purba
Date Deposited: 08 Aug 2025 01:23
Last Modified: 08 Aug 2025 01:23
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/11764

Actions (login required)

View Item View Item