Pengaruh persepsi kemudahan, persepsi manfaat, persepsi risiko, dan kepercayaan terhadap minat penggunaan e-commerce (studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis)

Sine Sindi, (NIM. 3012111046) (2025) Pengaruh persepsi kemudahan, persepsi manfaat, persepsi risiko, dan kepercayaan terhadap minat penggunaan e-commerce (studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis). Other thesis, Universitas Bangka Belitung.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[thumbnail of DAPTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAPTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan, persepsi manfaat, persepsi risiko, dan kepercayaan terhadap minat penggunaan ecommerce di kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bangka Belitung. Latar belakang penelitian ini didorong oleh meningkatnya pengggunaan teknologi digital, khususnya e-commerce, serta adanya perbedaan hasil temuan dari studi sebelumnya mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi minat penggunaan platform tersebut. Mahasiswa dipilih sebagai subjek penelitian karena dianggap mewakili generasi digital yang memiliki kecenderungan konsumtif dan keterlibatannya yang tinggi dalam aktivitas belanja daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis angkatan 2021-2024. Teknik pengambilan sampel dalam peneltian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 121 responden. Analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda guna menguji pengaruh masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil analisis menunjukan bahwa persepsi kemudaahn, persepsi manfaat, serta kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan e-commerce. Persepsi risiko tidak memiliki pengaruh dan signifikan terhadap minat penggunaan e-commerce. Penelitian selanjutnya harus mengadopsi variabel lain serta harus menggunakan sampel yang lebih banyak dan memperluas ruang lingkup penelitian guna mendapatkan perbedaan dari penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: persepsi kemudahan, persepsi manfaat, persepsi risiko, kepercayaan, minat penggunaan
Subjects: H Ilmu Sosial > HF Perdagangan > HF5601 Accounting
H Ilmu Sosial > HJ Keuangan Publik
Z Bibliografi. Ilmu Perpustakaan. Sumber Informasi (Umum) > Z719 Libraries (General)
Divisions: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS > AKUNTANSI > SKRIPSI
Depositing User: Mrs Nia Erawati
Date Deposited: 09 Sep 2025 04:41
Last Modified: 09 Sep 2025 04:41
URI: https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/11732

Actions (login required)

View Item View Item