Sine Sindi, (NIM. 3012111046) (2025) Pengaruh persepsi kemudahan, persepsi manfaat, persepsi risiko, dan kepercayaan terhadap minat penggunaan e-commerce (studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis). Other thesis, Universitas Bangka Belitung.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (707kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
![]() |
Text
DAPTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan, persepsi manfaat, persepsi risiko, dan kepercayaan terhadap minat penggunaan ecommerce di kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bangka Belitung. Latar belakang penelitian ini didorong oleh meningkatnya pengggunaan teknologi digital, khususnya e-commerce, serta adanya perbedaan hasil temuan dari studi sebelumnya mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi minat penggunaan platform tersebut. Mahasiswa dipilih sebagai subjek penelitian karena dianggap mewakili generasi digital yang memiliki kecenderungan konsumtif dan keterlibatannya yang tinggi dalam aktivitas belanja daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis angkatan 2021-2024. Teknik pengambilan sampel dalam peneltian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 121 responden. Analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda guna menguji pengaruh masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil analisis menunjukan bahwa persepsi kemudaahn, persepsi manfaat, serta kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan e-commerce. Persepsi risiko tidak memiliki pengaruh dan signifikan terhadap minat penggunaan e-commerce. Penelitian selanjutnya harus mengadopsi variabel lain serta harus menggunakan sampel yang lebih banyak dan memperluas ruang lingkup penelitian guna mendapatkan perbedaan dari penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi kemudahan, persepsi manfaat, persepsi risiko, kepercayaan, minat penggunaan |
Subjects: | H Ilmu Sosial > HF Perdagangan > HF5601 Accounting H Ilmu Sosial > HJ Keuangan Publik Z Bibliografi. Ilmu Perpustakaan. Sumber Informasi (Umum) > Z719 Libraries (General) |
Divisions: | FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS > AKUNTANSI > SKRIPSI |
Depositing User: | Mrs Nia Erawati |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 04:41 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 04:41 |
URI: | https://repository.ubb.ac.id/id/eprint/11732 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |